1. Asupan Kalori Tidak Tepat

Kamu sudah rutin berolahraga dan menjalani diet, tapi berat badan stagnan alias tak kunjung turun? Bisa jadi penyebabnya adalah asupan kalori yang tidak tepat. Banyak orang yang justru menambah porsi makan setelah berolahraga dengan dalih mengganti kalori yang terbakar, padahal hal ini sangat tidak tepat.

Selain itu, perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan kalori yang masuk tidak melebihi dari yang dibutuhkan tubuh. Selalu atur pola makan sehari-hari dan jangan makan di atas pukul 07.00 malam.

1. Asupan Kalori Tidak Tepat
source: https://id.pinterest.com/pin/313985405242947413/

2. Terlalu Banyak Konsumsi Lemak

Kalau kamu masih punya kebiasaan makan makanan berlemak termasuk gorengan, bisa jadi penyebab berat badan tak kunjung turun. Batasi konsumsi lemak sesuai dengan jumlah harian yang disarankan. Kamu bisa memulai dengan mengurangi asupannya sedikit demi sedikit. 

2. Terlalu Banyak Konsumsi Lemak
source: https://id.pinterest.com/pin/675540012834078370/
baca juga

3. Asupan Karbohidrat Berlebih

Penyebab diet gagal kamu salah satunya adalah mengkonsumsi nasi atau jenis karbohidrat lain dalam porsi yang cukup banyak atau asupan karbohidrat yang berlebihan. Oleh sebab itu, perbanyaklah lauk berprotein tinggi serta sayur mayur untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kamu. Kamu juga bisa menggantikan cemilan yang tidak sehat dengan buah-buahan. Kalau masih sulit menghilangkan karbohidrat atau nasi dalam menu harian, mulailah dengan mengurangi porsinya sedikit demi sedikit agar perut menjadi terbiasa. 

3. Asupan Karbohidrat Berlebih
source: https://id.pinterest.com/pin/509821620311660593/

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Rasanya semua orang sudah paham betul pentingnya mengkonsumsi air putih. Dan setiap orang ternyata mempunyai kebutuhan air yang berbeda-beda berdasarkan berat badan serta aktivitasnya. Saat diet, kurang minum dapat menjadi kendala gagalnya program. Mengapa? Keberadaan air dalam tubuh dapat membantu mempercepat proses metabolisme dan mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, memperbanyak asupan air saat diet menjadi penting. 

 

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih
source: https://id.pinterest.com/pin/512566001338557380/
baca juga

5. Stres

Pasti kamu bertanya-tanya mengapa stres dapat menggagalkan dietmu? Ya karena stres dapat meningkatkan hormon neuropeptida Y (NPY) yang menyebabkan kenaikan nafsu makan Sehingga asupan makanan bertambah dan menurunkan pemakaian energi. Kalau tak ingin gagal diet, sebisa mungkin hindari stres. Kamu juga bisa mengurangi stres dengan meditasi atau berjemur di pagi hari. Saat tubuh kamu sedang tidak stres, maka kerja hormon menjadi lebih seimbang sehingga berat badan lebih cepat turun.

5. Stres
source: https://id.pinterest.com/pin/316800155035721249/

Nah itu adalah lima penjelasan singkat mengenai penyebab berat badan tak kunjung turun saat diet. Semoga setelah tahu penyebabnya, kamu bisa menjalani diet sehat alami demi mencapai berat badan yang ideal ya Beautynesian.