JANGAN BIARKAN KETOMBE KAMU SEMAKIN PARAH!

Ketombe muncul karena terkelupasnya sel kulit mati atas batas normal. Hal ini di sebabkan jamur yang ada di kulit kepala akan memakan minyak yang ada pada lapisan epidermis dan membuat kulite kepala kering. Meski tak mengganggu kesehatan, namun adanya ketombe dapat mengganggu psikis, lho. Karena kalian akan tidak percaya diri di depan orang lain, apalagi kalau ketombe bertaburan ke pundak. Haduh, mengganggu penampilan banget ya. 
Sebelum ketombe tambah parah, ada baiknya kamu perlu kenali ciri-ciri ketombe yang parah, check it out!
 

JANGAN BIARKAN KETOMBE KAMU SEMAKIN PARAH!

1. Kulit Kepala Berminyak
    Kondisi kulit kepala yang berubah bisa menjadi salah satu gejala awal atau muncul setelah ketombe semakin parah. Setelah keramas, kamu akan merasa bagian akar rambut tetap berminyak dan lepek.
2. Rasa Gatal
     Sama seperti bagian kulit yang lain, kulit kepala akan terasa sangat gatal saat mengalami kekeringan parah. Jangan tergoda untuk menggaruknya ya, karena inilah biasanya faktor yang membuat ketombe semakin parah.
3. Rambut Rontok
 
   Hal ini biasanya menjadi fase lanjutan dari rambut dengan kondisi ketombe parah. Jika rambutmu juga mengalami kerontokan, artinya kulit kepalamu tidak sehat dan kehilangan kapasitasnya untuk menopang rambut. Hasilnya? Rambut tidak ternutrisi hingga ke ujung dan jadi mudah patah.
4. Ketombe Berwarna Kekuningan dan Besar
    Gejala awal ketombe ditandai terbentuknya butiran kecil berwarna putih di area kuit kepala. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, kondisinya akan semakin parah dan bisa dilihat dari bentuk serta warna ketombe yang berubah. Ia akan berubah menjadi besar dan berwarna kekuningan.
5. Jatuh ke Pakaian
    Kalau sudah seperti ini, kita harus perhatikan!! Jangan sampai karena ketombe kamu jadi tidak bebas berekspresi lewat pakaian. Ketombe parah biasanya rontok hingga ke pundak dan menempel di baju dan membuat penampilanmu jadi keki. Kehadirannya adalah pertanda bahwa kulit kepalamu membutuhkan pertolongan segera.

 

KENALI PENYEBAB MUNCULNYA KETOMBE, YUK!

Ketombe dapat muncul akibat beberapa penyebab berikut:

KENALI PENYEBAB MUNCULNYA KETOMBE, YUK!

 

  • Kulit iritasi, berminyak (dermatitis seroboik), dimana kondisi ondisi tersebut merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling sering terjadi. Hal ini ditandai dengan kulit merah dan berminyak ditutupi oleh sisik putih atau kuning.
  • Tidak rajin keramas. Jika kamu tenggak rajin keramas, minyak dan sel-sel kulit yang ada di kulit kepala kamu akan terangkat, lalu menyebabkan ketombe. Haduh, enggak boleh malas lagi ya, guys!
  • Ragi seperti jamur (malassezia). Malassezia tinggal pada kulit kepala, dan kebanyakan pada orang orang dewasa. Namun, beberapa menyebabkan kulit kepala iritasi dan menimbulkan banyak sel-sel kulit yang tumbuh. Kelebihan sel yang tersisa akan mati dan menjadi ketombe.
  • Kulit kering. Yap, serpihan kulit kering umumnya lebih kecil dan kurang berminyak dibandingkan dengan penyebab ketombe lainnya.
  • Sensitif terhadap produk tertentu.Terkadang, sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal, dan bersisik tapi kamu jarang menyadarinya. 
baca juga

BEGINI CARA AMPUH MENGUSIR KETOMBE

Kalau kamu mau coba pakai bahan alami, kamu bisa gunakan beberapa bahan ini untuk mengatasi ketombe kamu. Beberapa di antaranya adalah:

BEGINI CARA AMPUH MENGUSIR KETOMBE
  • Lidah buaya, memiliki kandungan antibakteri dan antijamur, lidah buaya bisa melindungi kulit kepala dari ketombe. Caranya gampang, kamu tinggal belah dan peras lidah buaya hingga keluar cairannya, lalu oleskan ke area kulit yang bermasalah dan diamkan selama 30 menit sebelum di bilas.
  • Tea tree oil, minyak ini berfungsi melawan organisme berbahaya dan peradangan. Gunakan sedikit minyak pohon teh, terutama pada bagian yang bersisik di kulit kepala. Meski bermanfaat, penggunaan minyak ini di sebagian orang dapat menimbulkan reaksi alergi. So, be careful guys!
  • Minyak kelapa, minyak ini berfungsi untuk menjaga kulit kepala agar tidak kering. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bagian bersisik, lalu bersihkan rambut dari ketombe dengan sisir setelah satu jam pemakaian minyak.
  • Baking Soda, baking soda memang di kenal mempunyai beberapa manfaat untuk kulit tubuh, salah satunya adalah membasmi ketombe. Caranya gampang nih, kamu cukup larutkan 1/2 sdt baking soda dengan air hingga mengental, lalu oleskan pada kulit kepala dan biarkan beberapa saat sebelum di bilas dengan air bersih. Di sarankan untuk tidak mengaplikasikan terlalu lama di kulit kepala ya.  
  • Garam, tak hanya untuk memasak saja, garam juga bisa di gunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub pada garam inilah yang nanatinya akan mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Carangnya gampang banget, kamu cukup ambil garam dan gosokkan pada kepala. Lalu diamkan untuk beberapa saat sebelum kamu bilas dengan air bersih. 

Namun, yang terpenting adalah kamu juga harus memilih produk perawatan rambut yang tepat, guys?!

Nah, demikian beberapa ciri-ciri, penyebab dan cara ampuh mengusir ketombe secara alami. Tetap jaga kebersihan ya, guys. Semoga bermanfaat!