Alpukat & Kuning Telur

Alpukat & Kuning Telur
source: https://usercontent1.hubstatic.com/8792396_f520.jpg

Ladies, kalau kamu sedang mencari bahan alami yang dapat melembapkan kulit kepalamu, maka buah alpukat dan kuning telur bisa jadi solusi masalah rambutmu.

Alpukat mengandung banyak phytochemical yang cukup tinggi,. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin A, E, D, dan B6, asam amino, serta mineral seperti kalium, tembaga, besi, dan magnesium. Seluruh kandungan ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Sedangkan, kuning telur mengandung nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin A, seng, dan protein. Semua ini memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mengunci akar rambut, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, kuning telur juga bermanfaat untuk memperkuat folikel dan akar rambut dengan protein dan lesitin. Menghidrasi ramutmu sehingga menjaga kelembapan sel-sel rambut.

Cara untuk membuat masker ini, yaitu campurkan alpukat yang sudah dihancurkan dengan kuning telur yang sudah dikocok hingga berbusa. Lalu, oleskan masker tersebut pada rambutmu dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas rambutmu dengan air dingin hingga bersih. Kemudian, lanjutkan dengan perawatan shampo serta kondisioner yang cocok pada rambutmu.

Yogurt & Madu

Yogurt & Madu
source: https://littlegreendot.com/wp-content/uploads/2014/04/yogurt-and-honey-hair-mask-2.jpg
Tahukah kamu salah satu hal yang memicu rambut yang kering adalah polusi dan debu yang menempel pada rambutmu? Kalau sudah begini, kamu harus rajin-rajin merawat kulit kepalamu agar tampak lebih sehat dan dijauhkan dari masalah-masalah rambut. Kamu bisa menggunakan yogurt yang dicampurkan dengan lemon dan madu.

Ketiga bahan ini mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menghalangi folikel rambutmu untuk mendapatkan nutrisi maksimal.

Untuk caranya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan yogurt, air lemon, dan satu sendok teh madu. Buat formula seperti pasta lalu oleskan masker ini pada akar rambut dan biarkan selama 3--40 menit. Bilas rambutmu dengan shampo dan air dingin setelahnya.

baca juga

Brown Sugar & Olive Oil

Brown Sugar & Olive Oil
source: http://www.mato.gr/image/data/products/Light-Brown-Sugar.jpeg

Brown sugar atau gula merah tak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga bisa jadi eksfoliator paling oke loh buat rambutmu. Kalau kamu enggak sempat membeli yogurt, lemon, dan madu, kamu bisa gunakan brown sugar yang dicampurkan dengan minyak zaitun, Ladies!

Keduanya memiliki sifat conditioning yang melembapkan. Zaitun sendiri terkenal sebagai kondisioner alami yang dapat merawat rambut kering. Tak hanya itu, kedua bahan ini dapat mencegah kerusakan dan rambut bercabang.

Bahan-bahan untuk membuat masker:

- 2 sendok makan gula merah
- 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

  • Campur gula dan minyak menjadi satu mangkuk
  • Oleskan masker pada batang rambut
  • Biarkan masker 15-20 menit
  • Bilas dengan air dingin dan lanjutkan dengan shampoo dan kondisioner

Coconut Oil & Kayu Manis

Coconut Oil & Kayu Manis
source: https://2qibqm39xjt6q46gf1rwo2g1-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2018/09/13401371_web1_M-Coconut-oil-edh-180905.jpg

Selain ketiga bahan tersebut, ada satu bahan alami rahasia yang sering ampuh mengurangi rambut kering, ladies. Yap, minyak kelapa yang dicampurkan dengan kayu manis. Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E yang sangat berguna untuk melembapkan kulit kepalamu.

Sedangkan kayu manis memiliki sifat antimikroba yang membantu pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Tak hanya itu, kayu manis juga dapat membantu menghilangkan ketombe, mengurangi rambut rontok, serta memperkuat folikel rambut.

Campurkan kedua bahan ini dan oleskan pada kulit kepalamu. Kandungan kedua bahan ini dapat merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambutmu. Yuk, coba untuk membuat masker rambut alami ini, Ladies!