Tubuh Memerlukan Sarapan untuk Memulai Hari

Sarapan merupakan rutinitas penting di pagi hari namun sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak penting? Saat tidur selama berjam-jam, tubuh sama sekali tidak mengonsumsi makanan sehingga ia memerlukan asupan makanan sebelum memulai aktivitas. Asupan sarapan ini berguna untuk menyeimbangkan metabolisme, memberikan energi pada tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Tubuh Memerlukan Sarapan untuk Memulai Hari
source: https://www.cleo.com.sg/

Pilih Sarapan yang Mengandung Protein dan Serat Tinggi


Makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan dan gandum memiliki nilai kalori yang rendah namun dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas. Selain itu, makanan yang mengandung serat juga merupakan menu sarapan yang baik karena dapat membuat kenyang lebih lama. Kedua jenis makanan ini tentu sangat cocok dikonsumsi saat diet karena dapat menahan godaan ngemil tak sehat dan makan berlebihan saat jam makan siang.
 
Pilih Sarapan yang Mengandung Protein dan Serat Tinggi
source: http://bryanking.net/
baca juga

Melewatkan Sarapan Membuat Pembakaran Kalori saat Berolahraga Kurang Optimal

Demi mendapatkan tubuh yang ideal, kamu perlu berolahraga guna membakar kalori dan membentuk masa otot. Namun sebelumnya, tubuh memerlukan asupan sarapan paling tidak 1 jam sebelum berolahraga. Tanpa sarapan, kinerja tubuh menjadi lebih rendah sehingga olahraga tidak dapat dilakukan secara optimal dan kamu bahkan bisa merasa pusing karena kadar glukosa dalam darah sedang rendah. Tubuh pun hanya memiliki sedikit kalori untuk dibakar.

Melewatkan Sarapan Membuat Pembakaran Kalori saat Berolahraga Kurang Optimal
source: https://cdn.lifehack.org/wp-content/uploads/2014/11/morning-exercise-1024x768.jpeg

Namun Apakah Sarapan Benar-Benar Dapat Menurunkan Berat Badan?

Meski sarapan dengan menu sehat dapat lebih menjaga pola makan, faktanya rutin mengonsumsi sarapan belum tentu dapat menurunkan berat badan. Studi yang dilakukan ahli di Monash University, Melbourne, Australia, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam perubahan berat badan antara mereka yang sarapan dan melewatkan sarapan. Bahkan, mereka yang tidak sarapan justru 0.44 kg lebih ringan daripada mereka yang rutin sarapan. Meski begitu, sarapan yang dilakukan dengan menu sehat tidak akan berdampak buruk terhadap berat badan.
 

Namun Apakah Sarapan Benar-Benar Dapat Menurunkan Berat Badan?
source: https://www.ziuadecj.realitatea.net/
baca juga

Daripada Melewatkan Sarapan, Lebih Baik Fokuskan Diet dengan Memilih Makanan Rendah Kalori

Meski mengonsumsi sarapan secara rutin tidak menjamin turunnya berat badan, melewatkan sarapan tetap tidak dianjurkan karena dapat beresiko membuatmu kekurangan nutrisi. Nah, daripada mengurangi jatah nutrisimu dengan melewatkan sarapan, lebih baik lakukan diet dengan memilih makanan rendah kalori sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan olahraga.

Daripada Melewatkan Sarapan, Lebih Baik Fokuskan Diet dengan Memilih Makanan Rendah Kalori
source: https://www.myfitfuel.in/