Step 1 : Double Cleansing

Agar wajah menjadi bersih maksimal setelah seharian memakai makeup, terkena polusi dan paparan sinar matahari, kamu butuh melakukan pembersihan ganda alias double cleansing.
Dalam cara ini, kamu memerlukan 2 jenis pembersih wajah yaitu pembersih berbahan dasar minyak dan pembersih berbahan dasar air. Pembersih berbahan minyak akan membersihkan sisa makeup waterproof secara efektif.

Setelah itu, gunakan pembersih berbahan air untuk menuntaskan proses cleansing hingga ke pori. Namun kamu tidak perlu melakukan double cleansing jika hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan dan tidak banyak mengenakan makeup ya.  

Step 1 : Double Cleansing

Step 2 : Mencuci Wajah dengan Facial Wash

Tahap kedua setelah melakukan double cleansing adalah mencuci wajah. Agar hasilnya maksimal, pilihlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Hindari juga facial wash yang mengandung bahan-bahan seperti sulfaktan, mentol dan alkohol yang dapat membuat wajah menjadi kering dan terasa kaku sehabis mencuci wajah.

Step 2 : Mencuci Wajah dengan Facial Wash
baca juga

Step 3 : Double Toning

Sama seperti double cleansing, double toning juga merupakan perawatan wajah yang menggunakan 2 jenis produk dengan fungsi berbeda untuk mendapatkan manfaat optimal. Perlu diperhatikan bahwa 2 jenis toner yang dimaksud adalah exfoliating toner dan hydrating toner
Setelah mencuci wajah, aplikasikan exfoliating toner menggunakan kapas ke seluruh wajah. Dengan kandungan AHA, BHA atau glycolic acid yang berperan sebagai agen eksfoliasi, toner ini berfungsi mengangkat sisa kotoran dan sel-sel kulit di wajah. Setelah itu, gunakan hydrating toner untuk mengembalikan kelembaban wajah serta mempersiapkan kulit untuk menerima skincare selanjutnya. 

Step 3 : Double Toning

Step 4 : Serum atau Essense

Serum dan essense memiliki kandungan aktif yang bekerja untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Kamu dapat memilih serum atau essense yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu, misalnya serum untuk mencerahkan kulit, mempertahankan kelembaban, melawan jerawat atau mencegah tanda-tanda penuaan dini. Formulanya yang ringan membuatnya mudah terserap oleh kulit sehingga efektif mengatasi masalah kulit dari dalam. 

Step 4 : Serum atau Essense
baca juga

Step 5 : Masker

Tidak perlu setiap hari, kamu cukup menambahkan masker dalam ritual skincare malammu setiap 2 - 3 kali seminggu. Masker berguna untuk memberikan nutrisi tambahan yang dapat mengatasi masalah kulit tertentu. 

Jika kamu memakai masker dalam bentuk sheetmask, maka gunakan itu setelah memakai serum. Namun jika masker favoritmu berjenis wash off mask alias masker yang perlu dibilas, maka lakukan tahap ini sebelum mengaplikasikan serum. 

Step 5 : Masker

Step 6 : Eye Cream

Eye cream berguna untuk mencegah dan mengurangi garis-garis halus yang muncul di sekitar mata. Tak hanya itu, beberapa eye cream juga mengklaim dapat mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Untuk mendapatkan hasil optimal, tak perlu oleskan dalam jumlah banyak karena hal itu justru dapat menimbulkan iritasi mata. Oleskan tipis-tipis dengan cara ditepuk-tepukkan secara lembut ke area sekitar mata. Mengingat kulit sekitar mata merupakan kulit wajah yang paling tipis, gunakan jari manis karena jari ini memiliki sentuhan yang paling lembut diantara jari yang lain.

Step 6 : Eye Cream

Step 7 : Face Oil

Terutama jika kamu memiliki kulit kering, jangan lupa untuk mengaplikasikan face oil untuk melembabkan kulit setelah melewati berbagai tahapan cleansing. Terbuat dari bahan alami, face oil tak hanya mampu melembabkan namun juga menutrisi kulit dan berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar dan juga kulit kusam. 

Step 7 : Face Oil

Step 8 : Krim Malam

Saat tertidur, kulit akan meregenerasi dirinya. Nah, fungsi krim malam adalah untuk mengoptimalkan kerja kulit saat memperbaiki dirinya sepanjang malam. Agar terasa ringan untuk dibawa tidur, pilihlah krim malam yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan alami juga lebih efektif dalam memperbaiki kulit sehingga kulit akan terasa kenyal dan lebih glowing di pagi hari. 

Step 8 : Krim Malam

Step 9 : Lip Sleeping Mask

Tak hanya kulit wajah, bibir juga memerlukan perawatan di malam hari agar tetap. Jika kamu sering menggunakan lipstick matte, maka kamu memerlukan perawatan ekstra ini untuk mengembalikan kelembaban alami bibir. Tak hanya itu, beberapa masker bibir juga memiliki formula untuk mencerahkan warna bibir yang gelap, lho. Lakukan perawatan ini secara rutin di malam hari agar hasilnya optimal ya.

Step 9 : Lip Sleeping Mask

Setelah memahami pentingnya skincare di malam hari, kamu juga perlu menjaga kualitas tidur agar proses regenerasi kulit tidak terganggu. Selain itu, kulit juga tak hanya perlu dijaga kelembabannya dari luar namun juga dari dalam. Oleh karena itu, sebaiknya minumlah segelas air putih sebelum tidur.