Lempengan Pelurus Rusak

Lempengan Pelurus Rusak
Sebelum menggunakan catokan rambut pastikan melihat kondisi catokan rambut keriting atau lurus yang masih bagus. Menurut Jackie Dove yang merupakan hair stylist salon Pierre Haddad mengatakan jika melihat bagian luar catokan sudah mengelupas, itulah saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Apalagi jika bagian besi sudah ada yang copot atau terangkat. Hal ini bisa berbahaya karena rambut dapat tersangkut di sana.

Lempengan pelurus biasanya terbuat dari besi yang terlihat tergores atau pelat yang sudah mulai mengelupas. Serpihan lempengan yang terkelupas kadang terlihat seperti ketombe pada rambut, membuat rambut terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Jadi pastikan kamu cek terlebih dahulu dan hindari menggunakan catokan rambut yang sudah rusak dan kadaluarsa karena bisa membuat 'mahkota' rentan patah, bercabang, dan mengurangi minyak alami rambut.

Indikator berkedip

Indikator berkedip
Image : detik.com
source: https://m.detik.com/wolipop/makeup-and-skincare/d-1560411/tips-gunakan-catok-agar-rambut-tidak-rusak
Dalam kondisi normal, lampu indikator tak berkedip saat alat diaktifkan. Lampu yang mengeluarkan cahaya adalah sebagai tanda jika alat tersebut sudah bisa berfungsi atau menunjukkan tingkatan panas. Jika lampu indikator panas terus berkedip, maka ini waktu yang tepat kamu mengganti catokan rambut.

"Catokan kedaluwarsa temperaturnya tidak selalu benar, itu sering membuat rambut terbakar," kata Jackie kepada Daily Mail.

baca juga

Perlu waktu lama meluruskan rambut

Perlu waktu lama meluruskan rambut

Catokan rambut yang bagus dalam kondisi normal akan dengan mudah meluruskan rambut dalam waktu singkat. Nah, jika catokan rambut mulai membutuhkan waktu lama untuk meluruskan rambut, bisa jadi itu tanda  sudah tidak layak pakai. Menurut Jack, catokan biasanya harus diganti setiap dua hingga tiga tahun sekali. Simpan catokan dalam tempat yang tahan panas untuk penggunaan maksimal.