Mau Hasil Catokan dan Curly Tahan Lama? Ini Tips Catokan yang Benar!

Ladies, rambut adalah mahkota para wanita. So, rambut yang indah tentu merupakan impian semua wanita. Banyak perawatan yang tentunya dilakukan demi memiliki rambut indah. Dari banyak perawatan, tak jarang biasanya para wanita akan melakukan catok untuk mendapat rambut idaman mereka.

Catok pun tidak terbatas hanyak untuk mendapatkan rambut lurus, namun juga bisa udah mendapat hasil rambut keriting dan bergelombang nan indah. Baik hasil rambut keriting dan lurus tentu yang diinginkan juga adalah ketahanan dari hasil catokan tersebut. Nah, ternyata ketahanan dan keindahan hasil catokan juga ditentukan bagaimana cara catok rambut yang kamu lakukan. 

Cara Catok Rambut Tahan Lama

Cara Catok Rambut Tahan Lama

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kamu akan mencatok rambutmu, baik untuk hasil lurus maupun keriting. Hal tersebut antara lain :
✔ Pastikan rambutmu dalam keadaan kering dan bersih. Jangan sekali-kali mencoba untuk mencatok rambut dalam keadaan basah atau setengah kering karena akan membuat rambutmu menjadi cepat rusak, bercabang dan mudah patah. Jadi jika rambutmu masih belum kering, segera keringkan dengan handuk ataupun hair dryer untuk mempercepat pengeringan rambutmu.
✔Persiapkan rambutmu dengan menyisirnya terlebih dahulu. Sebelum mencatok rambut, kamu harus memastikan rambutmu sudah disisir sehingga tidak kusut. Karena kekusutan rambut saat sedang dicatok akan memperlama proses mencatokmu dan dapat menyebabkan rambutmu menjadi sulit diatur.
✔ Jangan menggunakan conditioner atau shampoo yang mengandung conditioner. Conditioner yang kamu gunakan akan menpercepat produksi minyak di kulit kepala kamu. Hal itu tentu akan menyebabkan hasil catok tidak maksimal dan tidak tahan lama.
✔ Gunakan Heat Protection Serum. Penggunaan catok yang rutin tentu dapat mempercepat dan meningkatkan risiko rambut yang rusak. Hal ini bisa kamu hindari dengan rutin menggunakan heat protection serum sebelum menggunakan catokan. Namun jangan menggunakan heat protection serum terlalu banyak sehingga membuat rambut kembali basah dan berminyak, karena akan membuat hasil yang tidak sesuai keinginan kamu tentunya.
✔Jangan membagi rambut terlalu tebal. Saat mencatok, kamu harus membagi rambut kamu dalam beberapa bagian, biasanya dibagi menjadi 4 bagian. Setelah dibagi menjadi empat bagian, kamu diwajibkan untuk membaginya lagi dengan tidak terlalu tebal untuk mulai dicatok. Pembagian rambut yang terlalu tebal menyebabkan tidak semua helai rambut terkena catokan tersebut. Sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal dan kurang tahan lama.
✔Hindari menyisir rambut terlalu sering. Setelah kamu memperoleh hasil catok seperti yang kamu inginkan, jangan terlalu sering menyisir rambutmu. Begitu juga dengan terlalu sering menyentuh rambutmu dengan tangan. Sebisa mungkin hindari ya, Ladies.

baca juga

Cara Mencatok Rambut Curly

Cara Mencatok Rambut Curly

🏷Bagi rambutmu ke dalam beberapa bagian. Biasanya mulai dengan membaginya ke dalam dua bagian yaitu kanan dan kini. Kemudian baik pada bagian kanan maupun kiri, kamu membaginya lagi ke dalam dua bagian yaitu atas bawah, lalu jepit atau ikat masing-masing bagian.
🏷 Mulailah dari bagian yang paling sulit kamu jangkau, yaitu pada bagian bawah terlebih dahulu.
🏷 Ambil sedikit demi sedikit rambutmu. Kemudian catok dengan memasukkan rambutmu kemudian putar sekali rambutmu keatas flat catokanmu. Sambil catokanmu diturunkan, usahakan untuk tetap memutar catokan tersebut secara perlahan. Jangan menarik catokan terlalu kencang karena akan membuat hasil catokan tidak maksimal.
🏷Untuk rambut bagian atas, cara catok rambut yang kamu gunakan akan menjadi lebih mudah. Kamu hanya perlu memutar catokanmu ke dalam pada bagian bawah rambut, jadi kamu tidak perlu memutar rambutmu keatas catokan.
🏷Setelah kamu mencatok semua bagian rambutmu, gunakan hair energy untuk menghilangkan bau-bau pada rambut karena catokan. Selain itu juga membuat hasil rambutmu menjadi tahan lama.
🏷 Hasil catokan kamu juga bisa menjadi lebih tahan lama dengan menjepit bagian bawahnya dengan menggunakan 'jeday'. Selain tahan lama, hal itu juga bisa membuat rambutmu tampak lebih bervolume, lho. 


Cara Mencatok Rambut Lurus

Cara Mencatok Rambut Lurus

🏷Sama seperti cara pada rambut curly, kamu juga harus mempersiapkan rambut kamu kemudian membaginya ke dalam beberapa bagian dan memulainya dari bagian yang sulit dijangkau.
🏷Jangan lupa gunakan heat protector ya, Ladies.
🏷 Gunakan catokal flat yang kamu punya sedikit demi sedikit. Lakukan catok secara berulang-ulang untuk hasil yang tahan lama.
🏷Karena kamu menginginkan rambut lurus, cukup lakukan catok dengan menurunkan catokanmu secara perlahan tanpa memutar rambut maupun catokanmu.
🏷Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang pada seluruh rambutmu.
🏷Gunakan hair spray pada rambut yang telah dicatok. Hal ini untuk menghilangkan bau rambutmu dan untuk membuat hasilnya menjadi lebih tahan lama, lho.