Punya hubungan emang enggak menjamin kita buat terus mulus lancar jaya tanpa rintangan. Pasti ada aja masalahnya. Syukur-syukur kalau bisa diselesaikan. Kalau putus? Haduuuuh, cekit-cekit hati kayak ditusuk-tusuk jarum! Kalau sudah begitu, jadi galau, deh.

Tahu, enggak? Galau itu enggak baik buat kesehatan fisik dan mental. Enggak percaya? Coba diingat-ingat lagi waktu kamu galau. Kalau enggak mogok makan, ya jadi banyak makan. Enggak tidur juga karena nangis semalaman. Terus besoknya enggak fokus belajar dan kerja, deh. Belum lagi kalau sembab dan kantung mata sedalam kantung Doreamon. Waduuuh, kasihan banget juga kulitnya. Iya, 'kan? Kalau sudah begitu, siapa yang rugi? Kamu, dong.
 
Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
“Cry. Forgive. Learn. Move on. Let your tears water the seeds of your future happiness.” ― Steve Maraboli
source: https://www.goodreads.com/quotes/tag/moving-on


Sedih itu boleh. Namanya manusia 'kan juga punya berbagai macam perasaan. Tapi perlu diingat, jangan berlarut-larut. Enggak sehat. Percuma juga. Emangnya kalau sedih dan galau berkepanjangan bisa ngerubah sesuatu? Hm?

Daripada meratapi sesuatu yang sudah terlanjur terjadi dan apalagi enggak bisa diperbaiki, mending move on aja. Enggak susah, kok. Asalkan ada kemauan, niat, dan usaha. Kalau ingin move on artinya kamu harus mulai menanamkan di diri kamu untuk bangkit dari kesedihan. Enggak ada lagi tuh nangis semalaman. Air mata emang enggak pernah habis, tapi jangan mubadzir juga. Kata kata move on ini harus kamu ingat, ya.

Be Busy! 

Cari kegiatan yang bikin kamu sibuk. Jangan sampai kamu duduk diam melamun dan nganggur sendiri. Karena dengan cara itu, kamu pasti bakalan teringat hal-hal yang enggak bisa kamu lupain terus nangis lagi, deh.

Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
source: http://musclemediaonline.com
“If you want to fly on the sky, you need to leave the earth. If you want to move forward, you need to let go the past that drags you down.” – Amit Ray
source: http://musclemediaonline.com

Coba untuk keluar, pergi sama teman atau sepupu. Jalan-jalan, kek. Nyalon, olahraga, liburan ke alam terbuka. Karena seperti olahraga itu bagus untuk kesehatan dan juga membuat suasana hati kita ikut bagus. Apalagi kalau kamu cari kegiatan yang bermanfaat seperti belajar masak, baca buku, bikin usaha online, ubah dekorasi kamar, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal-hal yang mungkin enggak bisa kamu lakukan maksimal selama masih ada hubungan dengan orang lain, sekarang bisa kamu lakukan semuanya. Karena sekarang waktumu hanya milikmu. Makanya kamu harus ada rasa ingin move on.

baca juga

BLOCK Him! 

Salah satu cara yang ampuh untuk move on meski sulit adalah nge-block semua kontak si doi dari semua sosmed dan nomor kamu. Jangan sampai waktu kamu lagi menghibur diri liat video lucu di instagram terus tiba-tiba muncul posting-an dia di timeline. Hayoloh, galau lagi, susah move on lagi.

Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
“Letting go means to come to the realization that some people are a part of your history, but not a part of your destiny.” ― Steve Maraboli
source: https://printfree.com

Jangan buka-buka lagi kalau kamu masih belum sepenuhnya sembuh. Tenangkan diri kamu dan hati kamu dulu. Mungkin kalau kamu sudah baik-baik aja baru boleh dibuka. Ha ha.
 

Stop Blaming Yourself! 

Berhenti nyalahin diri kamu sendiri. Berhenti juga buat berandai-andai, "Ah, seharusnya enggak begini.", "ah, seharusnya aku begitu.". Hentikan semua itu dan coba lihat diri kamu di depan cermin. Apa pantas kamu begitu? Menyesali dan menyalahkan diri sendiri, sementara kamu bukan satu-satunya yang menjalin hubungan? Gimana bisa bahagia kalau kamu enggak ingin move on gitu.
 

Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
source: https://www.goodreads.com/quotes/tag/moving-on
“You can spend minutes, hours, days, weeks, or even months over-analyzing a situation; trying to put the pieces together, justifying what could've, would've happened... or you can just leave the pieces on the floor and move the f on.” ― Tupac Shakur
source: https://www.goodreads.com/quotes/tag/moving-on

Jadikan apa yang sudah kamu alami itu sebagai pengalaman. Kamu bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan kamu dengan menjadi diri kamu yang lebih baik lagi. Kalau sudah berakhir, kamu harus bisa menerima dan ikhlas biar bisa move on.
 

baca juga

You Deserve Better 

Apa yang sudah terjadi, biarlah. Kamu layak mendapatkan yang lebih baik lagi. Enggak melulu dapat pacar baru yang lebih baik. You deserve better di sini bisa mencakup banyak hal, lho. Misalnya waktu, pikiran, suasana hati, kegiatan, dan lainnya.
 

Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
“If you spend your time hoping someone will suffer the consequences for what they did to your heart, then you're allowing them to hurt you a second time in your mind.” ― Shannon L. Alder
source: https://id.pinterest.com/pin/416653403022485681/

Kalau kamu sayang sama diri kamu pastinya ingin move on, dong. Jangan sampai kamu berhenti disitu aja demi orang yang sudah ninggalin kamu. Atau misal kamu yang ninggalin dia, ya konsisten dengan keputusan kamu itu.
 

Don't Look Back! 

Terakhir adalah lihat ke depan. Masih ada banyak banget yang harus kamu capai, lakukan, bahkan pikirkan daripada terus menerus melihat ke belakang. Hidup itu berjalan maju, bukan mundur. Kalau berjalan mundur ya kita sudah ketemu sama dinosaurus dan kawan-kawannya, dong.

Siapa Bilang Move On Itu Susah? Lakukan 5 Hal Ini Dulu Ladies!
“There comes a time in your life when you have to choose to turn the page, write another book or simply close it.” ― Shannon L. Alder
source: https://id.pinterest.com/pin/353321533263216170/

Kalau ingin move on artinya kamu harus menutup rapat masa lalu. Anggap aja itu akhir cerita dari sebuah novel dan kamu akan baca novel baru lagi.

Masih mau terpuruk terus? Udah enggak jaman, euy. Move on itu gampang, kok. Asal kamu mau. Semangat, ya!

(Editor/Rizki Astuti)