Lakukan Satu Minggu Sekali, Bukan Seingatnya

Kuas makeup yang digunakan untuk produk cair seperti kuas foundation dan kuas concealer sebaiknya dicuci lebih sering agar sisa produk yang menumpuk tidak terlalu banyak. Namun untuk kuas lain, bersihkan paling tidak satu minggu sekali untuk menjaganya tetap bersih dari minyak, sisa produk yang menempel hingga bakteri. Rutin membersihkan kuas makeup juga membuatnya lebih awet dan berfungsi lebih optimal.

Lakukan Satu Minggu Sekali, Bukan Seingatnya
source: https://www.everydayminerals.com/

Gunakan Sabun yang Lembut

Jika tidak memiliki sabun khusus untuk membersihkan kuas makeup yang bagus, maka kamu bisa menggunakan sabun lain namun yang memiliki formula lembut. Misalnya sabun bayi, shampo bayi atau sabun cuci piring khusus peralatan bayi. Ini akan menjaga bulu kuas tetap lembut. Hindari penggunaan sabun yang mengandung fragrance atau pewangi tambahan karena bahan ini dapat menyebabkan iritasi di wajah terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Gunakan Sabun yang Lembut
source: https://www.youtube.com/
baca juga

Bilas dengan Air Mengalir Sampai Benar-Benar Bersih

Setelah selesai mencucinya dengan sabun, bilas kuas makeup dengan air mengalir sampai benar-benar tak ada kotoran maupun sabun yang tersisa. Hal ini ditandai dengan warna air bilasan yang jernih tanpa busa dan tidak berwarna keruh. Saat membilas, hindari menggosok kuas terlalu keras karena hal itu dapat menyebabkan bulu kuas rusak dan mudah rontok. 

Bilas dengan Air Mengalir Sampai Benar-Benar Bersih
source: https://thechalkboardmag.com/

Keringkan dengan Posisi yang Benar

Posisi kuas dalam proses pengeringan tidak boleh asal agar kuas makeup tidak cepat rusak. Cara mengeringkan paling baik adalah dengan menggantungnya dalam posisi bulu kuas di bawah. Namun kamu juga dapat mengeringkan dengan meletakkannya dalam posisi gagang lebih tinggi sehingga bulu kuas mengarah ke bawah. Ini akan mencegah air masuk ke gagang, yang mana dapat menyebabkannya jadi cepat rapuh dan membuat lem di gagang tidak kokoh sehingga bulu kuas menjadi mudah rontok. Biarkan kuas sampai benar-benar kering tanpa bantuan alat pengering seperti hair dryer, ya. Sebab itu justru dapat membuatnya rusak.