Ternyata ada berbagai faktor penyebab jerawat sering muncul. Pertama karena hormon, apalagi perempuan pada masa-masa menstruasi biasanya sebelum menstruasi jerawat akan muncul dan perempuan hamil akan muncul jerawat pada masa hamil 3 bulan pertama. Biasanya hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Kedua, pemakaian make up berlebih yang biasanya tidak diimbangi dengan kebersihan wajah secara teratur justru akan muncul jerawat. Namun, terlalu sering cuci muka juga tidak baik malah jerawat juga bisa muncul.

Hal tersebut karena produksi minyak pada wajah justru berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak berlebih. Cuci muka cukup 2 kali sehari dengan produk pembersih wajah yang ringan.

Ketiga, memencet jerawat justru akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam sehingga malah menyebabkan bekas jerawat. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab jerawat dan cara mengatasinya

Madu

Madu
Madu mengandung berbagai zat yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan cepat sehingga dapat mengobati jerawat secara alami. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida di dalamnya. Selain itu, memiliki efek anti radang untuk mengurangi kemerahan pada jerawat dan kemampuan untuk menyamarkan bekas luka. Madu bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah secara alami, karena mengandung zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri, mencegah infeksi dan membersihkan kotoran pada wajah.
baca juga

Kunyit

Kunyit
Kunyit merupakan tanaman asli Asia yang memiliki warna khas yakni kuning-oranye. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dikenal memiliki banyak manfaat termasuk memiliki sifat anti radang. Selain itu kunyit juga mencerahkan area bekas jerawat pada wajah terlihat bersih dan segar.

 

Kayu manis

Kayu manis
Kayu manis sering dijadikan rempah penyedap masakan atau pemanis minuman. Batang kayu yang harum manis wanginya ini pun punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kayu manis mengandung tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang. Kayu manis juga memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat.
baca juga

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit khususnya area gelap bekas jerawat. Vitamin C adalah bahan anti penuaan dan antioksidan yang luar biasa. Pasalnya, vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan, mencerahkan kulit, dan mengurangi bekas kerutan di wajah. Selain rasanya yang asam manis segar, jeruk lemon juga mengandung flavonoid yang merupakan agen antibakteri.

Tidak hanya flavonoid, jeruk lemon juga mengandung zat antibakteri lainnya, yaitu asam sitrat yang merupakan asam organik dan minyak atsiri berupa limonene. Karena lemon memiliki sifat antibakteri, yang membuatnya dapat menciptakan lingkungan asam sehingga bakteri tidak berkembang biak.
Lemon
Keempat bahan alami ini memberikan efek relaksasi pada wajah dengan permasalahan jerawat. Kandungan dari kunyit, kayu manis, lemon, dan madu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya sehingga tidak membuat wajah iritasi. Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi jerawat, kamu bisa mencampurkan empat bahan alami ini dan buat menjadi masker. Aplikasikan pada seluruh wajah secara merata. Biarkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih.