Tips Kesehatan Mata

Mata minus merupakan kondisi dimana pengelihatan tidak dapat fokus. Untuk mengatasinya, dapat dibantu dengan menggunakan alat bantu melihat seperti kacamata atau lensa kontak. Apabila kamu mengalami masalah ini, akan lebih baik jika segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengurangi atau bahkan menyembuhkan gangguan penglihatan tersebut secara tuntas.

Biasanya, mata minus terjadi karena pola gaya hidup yang buruk, seperti membaca di tempat gelap, membaca sambil tiduran, menonton tv yang terlalu dekat dan lainnya. Kurangnya istirahat juga dapat menyebabkan mata cepat lelah, sehingga dapat menyebabkan rabun pada mata. Faktor genetik, pun dapat berperan dalam timbulnya masalah ini. Untuk kamu yang mempunyai mata minus, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang harus kamu pahami dan kamu terapkan agar dapat mengurangi mata minus :
 

Ubah Pola Gaya Hidup Menjadi Lebih Baik
Kebiasaaan atau gaya hidup yang buruk juga bisa menjadi faktor utama mata kamu minus, lho! Seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya di depan layar monitor, sehingga membuat mata cepat lelah dan kurangnya istirahat. Terlalu sering membaca ditempat gelap juga bisa menjadi faktor penyebab mata minus. Solusinya, kamu harus menjaga asupan  gizi dan istirahat yang cukup seperti menjaga jam tidur. Hal-hal tersebut merupakan kebiasaan  yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
 
https://id.pinterest.com/pin/226376318754715420/
source: https://.pinterest.com

Istirahatkan Mata dari Kacamata
Bagi pengguna kacamata, tentunya harus mengenakan kacamata setiap hari dalam berkegiatan untuk membantu pengelihatan.Namun, penggunaan kacamata yang terus menerut ternyata juga tidak baik untuk kesehatan mata. Maka, sebaiknya dalam sehari selain waktu tidur biasakan untuk melepas kacamata untuk mengistirahatkan otot-otot di sekitar mata. Kamu bisa juga meluangkan waktu kurang dari 10-20 menit untuk melatih pengelihatan kamu.
 
https://id.pinterest.com/pin/226376318754715420/
source:https://.pinterest.com
 

Berlatih Melihat Jarak Jauh
Latihan mata dengan melihat dari jarak jauh tanpa kacamata juga bisa memperkuat mata kamu. Jika kamu sedang berada di dalam ruangan, usahakan untuk melihat keluar ruangan dan tataplah objek yang letaknya cukup jauh dari jarak pandang. Hal ini dapat melatih fungsi mata untuk melihat dalam jarak jauh. Kamu bisa melakukannya dalam kisaran aktu 5 menit saja.

 
source:https://.pinterest.com
source:https://.pinterest.com

Amati Setiap Pergerakan Objek yang Bergerak
Melihat objek yang bergerak juga merupakan salah satu terapi mata. Objek yang bergerak bisa berupa kendaraan yang ada di jalan, baling-baling kipas angin, orang yang berlalu lalang. Cara ini cukup membantu untuk melatih otot dalam mata dan meningkatkan fokus.
 
hipwee.com
source:http://hipwee.com

Terapi Daun Sirih
Daun sirih merupakan tanaman herbal yang dipercaya memiliki khasiat dan fungsi yang sangat bagus dan serbaguna, termasuk untuk mata. Cara menggunakannya, kamu bisa tempelkan 2 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada mata dan biarkan selama semalaman saat tidur. Apabila cara ini dilakukan secara rutin, maka kamu pasti akan bisa mendapatkan hasil terbaik.
 
https://.pinterest.com
source:https://pinterest.com

Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Yang terpenting dalam menjaga kesehatan mata yang minus adalah selalu mengonsumsi makan-makanan yang bergizi dan vitamin A yang sangat berperan bagi kesehatan mata. Vitamin A untuk mata ini banyak mengandung sayuran oranye seperti wortel. Selain vitamin A, kamu juga membutuhkan makanan yang mengandung vitamin C.Nah, vitamin-vitamin ini biasanya terkandung pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk itu jangan mengabaikan mengkonsumsi buah dan sayur, ya!

http://manfaat-buah.com/manfaat-makan-sayur-dan-buah-setiap-hari-di-pagi-hari/

source:https:manfaatbuah.com
 


Itu dia beragam tips kesehatan untuk menggurangi mata minus. Mata adalah aset yang sangat berharga untuk kita. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menjaga kesehatan matamu dengan menerapkan tips-tips di atas secara rutin. Dengan cara tersebut, matamu pun akan sembuh dari minus. Satu lagi hal yang penting, yaitu jangan lupa selalu periksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan matamu. Yuk, jaga kesehatan matamu dari sekarang!