Lotek

Lotek adalah makanan khas Jawa Barat yang mirip dengan gado-gado. Terbuat dari sayur-sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang dan tauge, lotek kemudian disajikan dengan saus kacang yang memiliki cita rasa khas. Kuliner sehat ini biasanya dinikmati bersama lontong maupun nasi putih yang masih hangat. Agar tambah menggugah selera, lotek biasanya disajikan bersama kerupuk dan taburan bawang goreng yang renyah.  
Lotek
source: http://sajiansedap.grid.id/

Doclang

Kuliner khas Bogor ini merupakan salah satu menu sarapan tradisional yang mulai jarang dijumpai di Kota Hujan. Bahan utama doclang terdiri dari irisan ketupat yang disajikan dengan tahu, kentang dan telur rebus kemudian disiram dengan saus kacang dan diberi sedikit tambahan kecap manis. 
Keunikan kuliner ini terletak pada ketupatnya dibuat dengan daun patat sebagai pembungkusnya. Daun ini kemudian memberikan aroma harum yang khas pada ketupat yang oleh masyarakat lokal disebut pesor ini. 
Doclang
source: http://kuliner.panduanwisata.id/
baca juga

Karedok

Meski tampilannya sekilas mirip lotek, terdapat perbedaan dari cara pengolahan bahan-bahannya. Tidak seperti lotek yang terdiri dari sayuran rebus, karedok justru terbuat dari sayuran segar yang kemudian disiram saus kacang. Tak heran jika kuliner khas Jawa Barat sunda ini sering dijuluki 'salad tradisional'.

Sayur yang digunakan dalam karedok terdiri dari mentimun, kacang panjang, terong dan kol yang dipotong-potong kecil serta ditambah beberapa daun kemangi. Saus kacang yang digunakan juga berbeda karena dibuat dengan bumbu tambahan, yaitu kencur. Hal ini membuat karedok memiliki cita rasa khas sehingga membuatnya berbeda dari kuliner-kuliner lain yang sekilas tampak serupa. 
Karedok
source: https://sahabatnesia.com/

Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan makanan khas Cirebon yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Dahulu, menu ini tercipta saat masyarakat Cirebon hidup dalam kekurangan. Kata 'lengko' sendiri berasal dari kata 'langka' yang berarti 'tidak ada'. 

Kuliner tradisional ini terdiri dari bahan-bahan seperti nasi putih, tempe dan tahu goreng yang telah diiris-iris dadu, kemudian ditambah tauge dan mentimun cacah diatasnya. Tak lupa, nasi lengko disajikan dengan siraman saus kacang yang khas dan ditambah kecap manis secukupnya. Meski sederhana, hidangan ini menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat paling lezat dan harus kamu coba. 
Nasi Lengko
source: https://i2.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2017/09/Resep-Nasi-Lengko.jpg?fit=1280%2C1762&ssl=1
baca juga

Batagor

Kamu pasti sudah mengenal jajanan khas Bandung yang satu ini. Batagor atau bakso tahu goreng merupakan kuliner yang berbahan dasar tepung, ikan tengiri dan tahu putih yang dibungkus kulit pangsit, kemudian digoreng. Batagor yang telah digoreng renyah ini kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan siraman saus kacang pedas diatasnya. Rasanya yang gurih-gurih pedas dijamin membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan.

Jika kamu ingin mencicipi batagor-batagor legendaris,  Batagor Haji Isan di Kota Bandung adalah salah satu yang tak boleh dilewatkan. Berdiri sejak tahun 1960an, Haji Isan merupakan pioner dari jajanan renyah ini, lho. 
Batagor
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2017/10/oke-12523dd4f4c06906bc2202875e2272d5.jpg