Apa Itu Aseton?


Apa Itu Aseton?
source: https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/acetone

Aseton merupakan cairan sering dipakai sebagai pelarut. Dalam tubuh manusia, aseton ini  menjadi salah satu penyusun keton yang merupakan hasil dari reaksi pemecahan lemak. Salah satu ciri aseton sebagai cairan ialah mudah sekali menguap. Tidak hanya itu, ciri lain dari aseton ialah mudah terbakar dan tidak berwarna. Senyawa ini mempunyai bau seperti daun mint dan mempunyai rasa yang pedas. Secara alami, aseton ini bisa ditemukan pada tumbuh-tumbuhan, pohon, gas vulkanik, dan sebagai akibat terjadinya kebakaran hutan.

Pemakaian Aseton


Pemakaian Aseton
source: https://www.dollargeneral.com/dg-body-nail-polish-remover-100-acetone-10-oz.html

Pemakaian aseton dalam kehidupan sehari-hari biasanya  digunakan sebagai pelarut untuk berbagai macam zat. Beberapa produk yang dapat  dilarutkan oleh aseton ini adalah cat, minyak, lilin, resin, plastik, dan juga lem. Dalam industri rumah tangga dan juga kosmetik, pemakaian aseton tersebar dalam berbagai produk. Produk-produk yang pada umumnya memakai zat tersebut ialah produk  pembersih alat rumah tangga, deterjen, semen karet,  pembersih cat, lilin, semir, perekat karet dan pembersih kutek.

baca juga

Aseton Bisa Menyebabkan Keracunan


Aseton Bisa Menyebabkan Keracunan

Nah, yang penting banget buat ladies ketahui adalah dampak negatif berupa bahaya aseton yang bisa menyebabkan keracunan. Hal ini akan terjadi apabila pemakainnya berada di atas ambang batas normal. Keracunan dari zat ini bisa diakibatkan oleh aseton baik yang  berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh.

Adapun yang berasal dari dalam tubuh akan terjadi saat jumlah keton dalam tubuh terlalu tinggi.  Keracunan aseton juga bisa terjadi saat  zat ini terhirup, tertelan, ataupun terserap melalui kulit. Hal inilah yang menyebabkan aseton menjadi berbahaya saat digunakan sebagai pembersih kutek.

Akibat Keracunan Aseton


Akibat Keracunan Aseton
Penderita yang mengalami kaeracunan akan mengalami sakit kepala, lesu, berb icara menjadi  cadel, dan berkurangnya koordinasi tubuh. hal ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan dan lama kelamaan akan mengancam kesehatan. Gejala berat dari adanya keracunan aseton ini dapat berupa tekanan pingsan, darah rendah bahkan koma.

Itu dia bahaya aseton bagi yang bisa mengancang kesehatan ladies. Jaga kesehatan dan tetap bijak dalam menggunakan zat apapun ya.