Kadar Normal Konsumsi Gula

Kadar Normal Konsumsi Gula
source: https://images.pexels.com/photos/207381/pexels-photo-207381.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Ladies, memang benar jika gula adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun, kalau kamu mengonsumsinya berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan seperti obesitas, jantung dan diabetes.

Oleh sebab itu, penting bagimu untuk dapat mengontrol asupan gula per harinya. Nih, beautynesia.id kasih tahu ya, batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh, 5 gram garam atau yang setara dengan 1 sendok teh, dan 67 gram lemak atau setara dengan 3 sendok makan minyak. 

Kalau kamu rajin berolahraga, kamu tak perlu khawatir karena sistem tubuhmu mampu membakar banyak kalori, walaupun tidur sekalipun. TNamun, kalau kamu ada keturunan mengidap diabetes, cobalah untuk mengontrol asupan gula dan karbohidrat.

Apa Itu Diabetes?

Apa Itu Diabetes?
source: https://english.hindikhabar.com/wp-content/uploads/2018/09/diabetes-articulo_0.jpg

Diabetes melitus atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit kronis. Ada tiga jenis diabetes : tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Kebanyakan orang dengan diabetes memiliki tipe 2. Diabetes terjadi ketika tubuhmu tidak dapat mengontrol insulin dengan baik sehingga tidak mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuhmu stabil.

baca juga

Penyebab Diabetes

Penyebab Diabetes
source: https://images.pexels.com/photos/1056554/pexels-photo-1056554.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Salah satu penyebab utama diabetes adalah pola hidup yang salah. Salah satunya adalah konsumsi minuman manis. Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori.

Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatan). Kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas). Dari teh manis saja kita sudah dapat 1.000-1.200 kalori. Belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Patut diduga kalau setiap hari kita kelebihan kalori. Penyebab diabetes melitus dari teh manis juga dapat berakibat pada obesitas.

Tak hanya itu, stres, kurang tidur, dan juga kebiasaan merokok juga akan meningkatkan resiko penyakit diabetes. Jadi, mulai sekarang kurang-kurangin ya begadangnya, Ladies!

Ciri-Ciri Diabetes

Ciri-Ciri Diabetes
source: https://images.pexels.com/photos/46173/diabetes-blood-sugar-diabetic-medicine-46173.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Adapun gejala diabetes pada wanita yang juga dapat dialami pria:

  • Sering merasa haus dan lapar
  • Sering buang air kecil
  • Berat badan naik dan turun secara drastis tanpa sebab yang jelas
  • Lemas, lelah, dan tampak tidak bersemangat
  • Penglihatan kabur
  • Luka lambat sembuh
  • Mual
  • Infeksi kulit
  • Bercak kehitaman pada bagian tubuh yang memiliki lipatan
  • Napas berbau manis atau aseton
  • Berkurangnya sensitivitas rasa pada kaki dan tangan

Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala yang terlihat. Rutin cek gula darah adalah salah satu solusi terbaik agar diabetesmu bisa terkontrol dengan baik.

baca juga

Cara Pencegahan

Cara Pencegahan
source: https://images.pexels.com/photos/1001897/pexels-photo-1001897.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Ladies, enggak ada kata terlambat untuk mencegah penyakit kronis satu ini, dan tentunya juga untuk mengurangi resiko komplikasi yang terjadi padamu nantinya. Nah coba perhatikan ya!

  • Batasi kadar konsumsi gula, usahakan untuk tak mengonsumsi gula lebih dari 2 sendok teh per harinya
  • Tidur yang cukup
  • Hindari stres, jika kamu merasa depresi atau stres cobalah untuk berbicara dengan temanmu yang lebih positif
  • Bila Anda merokok, cobalah untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok sama sekali
  • Rutin cek gula darah
  • Pelajari tanda dan gejala komplikasi diabetes
Nah, itulah sejumlah fakta penting tentang gejala dan pencegahan diabetes melitus yang perlu kamu tahu, Ladies! Lebih baik kamu mencegahnya sedari sekarang sebleum terlambat, ya! Yuk, mulai untuk hidup sehat dari sekarang!