1. Era Media Sosial Instagram

Media sosial yang sedang diminati oleh banyak orang saat ini adalah Instagram. Melalui instargram orang akan mengunggah keluh kesah, foto pribadi dan video singkat untuk disampaikan kepada pengguna akun media sosial Instagram lainnya. Bahkan orang seperti menikmati dunianya sendiri dalam bermain instagram. Sampai ada yang lupa waktu. Jangan sampai kamu lupa waktu dalam bermain Instagram. Sesekali boleh, asal jangan sampai kecanduan ya ladies!

1. Era Media Sosial Instagram
source: https://www.pexels.com
Menurut hasil survei WeAreSocial.net dan Hootsuite, Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ke tujuh di dunia. Selain sebagai jejaring sosial untuk berbagi foto, Instagram digunakan untuk memasarkan produk bisnis. Total pengguna Instagram di dunia mencapai angka 800 juta pada Januari 2018. Sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-indonesia
source: https://www.pexels.com

2. Dampak Buruk Media Sosial Dari Segi Kesehatan Mental

Era teknologi semakin kejam saat seseorang sudah mulai kecanduan terhadap penggunaan smartphone , apalagi dalam penggunaan media sosial. Kecanduan media sosial dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Inilah dampak buruknya:

  • Munculnya sifat tidak percaya diri ketika pengguna media sosial sering membandingkan kehidupan diri sendiri dengan pengguna lainnya. Kebanyakan dari mereka merasa iri melihat kehidupan pengguna lain yang dianggap lebih baik, sukses, dan bahagia.
  • Munculnya sifat individualis. Hal ini disebabkan karena seseorang lebih menyediri dengan media sosial yang dimilikinya sehingga enggan untuk berbaur dengan lingkungan sekitar.
  • Waktu yang kamu miliki akan terbuang dengan sia-sia saat kamu tidak bisa bijak dalam menggunakan media sosial dengan bijak. Lebih baik kamu manfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.
  • Menyebabkan depresi. Menurut ahli psikologi, media sosial menyebabkan bullying saat ada yang berkomentar negatif dan menyakitkan hati di media sosial secara terus-menerus. Hal ini bisa juga bisa menyebabkan penggunanya mengalami depresi.

 
Hati-hati untuk ladies yang tidak bisa lepas dari media sosial karena bahaya banget bagi kesehatan mentalmu yang lambat laun akan membunuh karaktermu juga. Sesekali boleh lah kamu menggunakan media sosial. Tapi harus bijak ya ladies!

2.  Dampak Buruk Media Sosial Dari Segi Kesehatan Mental
source: https://www.pexels.com
baca juga

3. Dampak Buruk Media Sosial Dari Segi Kesehatan Fisik

Tak hanya berpengaruh bagi kesehatan mental saja, tapi media sosial juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Menurut National Institutes of Health, saat menggunakan handphone dan media sosial, Kamu hanya membakar 1 kalori. Hal tersebut bisa menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, masalah kardiovaskular, masalah tekanan darah, artritis, masalah pernapasan, dan kanker.

Dengan kata lain kamu tidak aktif bergerak seperti melakukan olahraga. Ladies, perhatikan juga dari segi kesehatan fisik ya. Agar kamu tidak mudah terkena berbagai penyakit hanya karena keseringan bermain media sosial sampai lupa waktu.
 

3.  Dampak Buruk Media Sosial Dari Segi Kesehatan Fisik
source: https://www.pexels.com

4. Media Sosial Bukan Dipandang Dari Sudut Keburukan, Tapi Memiliki Berbagai Manfaat

Jangka berprasangka buruk dulu ya ladies, kalau media sosial hanya dapat menyebabkan dampak buruk bagi kehidupanmu. Tapi disisi lain, media sosial dapat memberikan manfaat loh. Ini dia manfaat media sosial:

  • Media sosial dapat mempererat komunikasi. Bagi kamu yang memiliki keluarga atau kerabat yang jauh, jaringan sosial ini sangat bermanfaat untuk mempertemukan kembali keluarga dan kerabat yang berada jauh dari kamu dengan cara video call, whatsaap atau media sosial lainnya.
  • Menemukan teman baru. Kamu dapat berkenalan dengan banyak orang melalui media sosial. Dengan adanya teman baru, kita bisa membangun relasi pertemanan, saling bertukar pikiran. Tapi, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih teman. Apalagi dengan orang yang belum kamu kenal dan hanya bertemu di dunia maya.
  • Media Sosial dapat sebagai ladang mencari penghasilan, seperti menjual barang-barang melalui media sosial.
4.  Media Sosial Bukan Dipandang Dari Sudut Keburukan, Tapi Memiliki Berbagai Manfaat
source: https://www.pexels.com
baca juga

5. Bagaimana Detox Media Sosial

Jika kamu sudah berlebihan dalam menggunakan media sosial sehingga membawa pengaruh buruk dengan kehidupanmu, maka kamu harus berhenti sejenak dari media sosial dengan melakukan detox media sosial. Lalu bagaimana sih cara detox media sosial ? Yuk, simak berikut ini:

  1. Kamu harus mengurangi atau membatasi diri dengan membuat jadwal atau jam-jam dimana kamu boleh bermain media sosial.
  2. Tidur lebih cepat dari biasanya agar kamu tidak tergoda untuk bermain media sosialmu.
  3. Menonaktifkan akun media sosialmu untuk sementara waktu
  4. Menanamkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa lepas dari ketergantungan akan dunia maya dan mulai untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu.
5.  Bagaimana Detox Media Sosial
source: https://www.pexels.com

Di era globalisasi, media sosial semakin banyak dinikmati oleh banyak orang. Tak heran media sosial sudah menjadi kebutuhan penting yang tidak bisa dilepaskan. Bahkan ada sebagian yang mulai kecanduan akan media sosial. Nah, untuk itu kamu harus bijak dalam menggunakan media sosial ya. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia.