Cara Merawat Wajah Kusam

Kulit kusam terjadi dikarenakan penumpukan kotoran dan kulit mati di kulit. Sehingga menyebabkan kulit terlihat gelap dan tidak sehat. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan scrubing pada wajah setiap 2 minggu sekali. Atau kamu juga bisa memilih cleanser yang mengandung butiran scrub dan lemon agar membantu mengkikis kotaran di kulit. Pilihlah pelembab yang mengandung lebih banyak air agar kulit tidak berat.

Gunakan masker lemon, mentimun ataupun yougurt 1-2 minggu sekali untuk perawatan mingguan. Perhatikan juga menu makanan dan minum agar kulit tidak kekurangan air dan vitamin.

Cara Merawat Wajah Kusam
source: https://www.rebelcircus.com/

Cara Merawat Wajah Kering

Tanda bahwa kulit kamu mengalami kekeringan berupa kulit terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal. Saat melakukan cuci muka gunakan air dengan suhu normal, tidak hangat ataupun air es. Hindari menggunakan pembersih wajah yang menggunakan alcohol, parfum, retinoid, dan alpha-hidroxy-acid (AHA) agar kulit terhindar dari iritasi dan kekeringan.

Untuk pelembab gunakan pelembab yang mengandung lactid acid, hyaluronic, gliserin, lanolin, minyak mineral, dan petrolatum agar membantu melembabkan kulit. Kamu juga bisa menggunakan masker alpukat yang telah ditambah madu dan minyak zaitun 1-2 minggu sekali untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Cara Merawat Wajah Kering
source: https://www.healthline.com
baca juga

Cara Merawat Wajah Berjerawat

Kulit wajah yang berjerawat cendrung sensitive terhadap produk kecantikan. Jangan menggunakan cleanser yang mengandung scrub, karena butirannya dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Pilihlah cleanser yang lembut, bebas alcohol, dan mengandung zat-zat yang dapat melawan jerawat seperti asam salisilat, natrium sulfacetamide, atau benzoil peroksida. Jangan lupa bersihkan wajah 2 kali sehari atau setelah anda berkeringat. Gunakan pelembab yang berbahan dasar air agar tidak berat di kulit wajah.

Untuk masker kamu dapat memilih yougurt sebagai masker mingguan kamu, karena yougurt mengandung bakteri baik, asam laktat dan alfa hidroxyyang dapat menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat di kulit.

Cara Merawat Wajah Berjerawat
source: https://www.dermascope.com

Cara Merawat Wajah Berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak diantaranya yaitu mudah berjerawat, memiliki pori-pori terlihat besar, timbul komedo, wajah terlihat mengkilat dan mengeluarkan minyak diwilayah T-zone. Dalam merawat wajah yang berminyak cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan cleanser yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) seperti asam sitrat, asal laktat, atau asam glikolat. Karena kandungan ini dapat membantu mengurangi minyak.

Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah karena air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik dari air dengan suhu normal. Untuk mendapatkan wajah yang sehat dan kenyal kamu bisa memilih masker telur putih ataupun lemon untuk mengurangi minyak di kulit dan memberikan vitamin untuk kulit. Lakukan 1-2 kali seminggu.
 

Cara Merawat Wajah Berminyak
source: https://www.advancedskincourses.com/shiny-face/
baca juga

Cara Merawat Wajah Kombinasi

Kulit yang kombinasi ditandai dengan T-zone memiliki kulit berminyak dan bagian pipi terasa kering. Pilih pembersih yang berbahan dasar air dan free-soap. Agar tidak menyebabkan kekeringan pada salah satu bagian. Untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi perlu menggunakan toner agar menyeimbangkan pH dalam kulit.

Hindari produk kecantikan yang mengandung alcohol, witch hazel, menthol, parfum, ataupun minyak jeruk karena kandungan tersebut dapat membuat kulit kering dan membantu memproduk minyak berlebihan. Untuk pelembab gunakan produk yang mengandung antioksidan, cell communicating, emolien yang dapat mengembalikan struktur dan fungsi kulit.

Cara Merawat Wajah Kombinasi
source: https://www.peixeurbano.com.br