Mendapatkan merupakan impian semua orang, kesan pertama pada wawancara kerja merupakan hal terpenting yang harus kamu perhatikan. Kesan pertama tersebut akan menentukan bagaimana kamu kedepannya. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang memberikan kesan baik untuk interviewer.

Hindari kesalahan pada saat wawancara pertamamu, selain harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan interviewer, kamu juga harus mempersiapkan pakaian yang cocok untuk wawancara tersebut. Berikut ini fashion item yang harus kamu hindari ketika menghadapi wawancara kerja.



 

Hindari Warna yang Mencolok

Mengenakan pakaian berwarna cerah memang memberikan kesan ceria untuk kamu. Namun, tidak semua interviewer menyukai warna-warna cerah. Gunakanlah warna-warna netral seperti abu-abu, putih atau cokletat. Jika kamu ingin tetap mengenakan pakaian dengan warna cerah, pastikan keseluruhan dari penampilan kamu terlihat cocok. Hindari penggunaan celana jeans atau denim, karena itu akan terlihat tidak professional.
 

Hindari Warna yang Mencolok



 

baca juga

Hindari Kesan Tua

Dalam dunia kerja, sangat penting untuk terlihat fresh dan professional. Selain menghindari warna mencolok, bukan berarti kamu harus menggunakan pakaian yang terlihat tua. Pemilihan pakaian tersebut sesuaikan dengan warna kulit dan kesan apa yang ingin kamu tampilkan pada interviewer.

Gunakan pakaian yang rapi dengan setelah yang terlihat segar dan professional. Usahakan pakaian jangan terlihat kusut dan tua, karena itu akan membuat kamu terlihat tidak rapi. Selain itu, gunakanlah sepatu yang seharusnya. Cocokan dengan pakaian yang kamu gunakan, hindari untuk menggunakan sepatu kets atau sandal jaring. Gunakanlah flat shoes atau gunakan sedikit hak untuk wanita dan pantofel untuk pria.
 

Hindari Kesan Tua



 

Riasan Wajah yang Berlebihan

Meskipun penting untuk terlihat baik, mengenakan riasan secara berlebihan bukanlah sesuai yang bisa di toleransi. Interviewer akan terpaku akan riasan wajah yang berlebihan, karena itu akan mengganggu konsentrasi mereka. Tetaplah gunakan riasan yang terlihat alami, hindari eye shadow berwarna gelap, lipstik yang terlalu cerah dan gunakanlah bedak secukupnya. Untuk lebih aman, gunakankah bedak tipis dengan sedikit lip balm berwarna. Ini akan membuatmu terlihat lebih segar dan terjaga tanpa terlihat pucat.
 

Riasan Wajah yang Berlebihan



 

baca juga

Parfum dengan Wangi Berlebihan

Meskipun tidak terlihat penting, penggunaan parfum merupakan sesuatu yang harus kamu perhatikan ketika menghadapi wawancara kerja. Gunakan parfum dengan wangi yang netral seperti parfum dengan wangi cokelat atau lainnya. Gunakan parfum secukupnya dan jangan terlalu berlebih. Mungkin saja interviewer kamu tidak menyukai sesuatu yang beraroma kuat atau alergi dengan aroma tertentu. Jadi, usahakan untuk menggunakan parfum yang tidak menyengat dan gunakanla wangi yang menenangkan.
 

Parfum dengan Wangi Berlebihan



 

Aksesoris Mencolok

Baik wanita maupun pria, penggunaan aksesoris merupakan hal yang perlu diperhatikan. Karena aksesoris ini merupakan hiasan penyempurna penampilan. Untuk wanita, hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan, dan gunakanlah secukupnya saja seperti gunakan anting-anting kecil dan jam tangan. Ini akan membuat kamu terlihat lebih santai namun tetap terlihat professional.

Gunakan kalung kecil untuk menambah kecantikan penampilanmu bila perlu. Padu padankan sesuai kebutuhan penampilanmu. Untuk pria, gunakanlah aksesoris pelengkap seperti dasi, jam tangan dan lainnya. Usahakan pilih warna yang sesuai dengan pakaian yang kamu kenakan.
 

Aksesoris Mencolok


Pada akhirnya, mungkin interviewer kamu tidak peduli dengan penampilan rapi yang kamu persiapkan. Mungkin saja mereka lebih menyukai seseorang yang berpakaian lebih kreatif untuk mengekspresikan dirinya. Namun ingat, wawancara kerja bukanlah ajang untuk kamu menampilkan mode fashion terbaru atau terhits yang saat ini di gandungi remaja.

Penting sekali untuk berpenampilan professional pada saat interview kerja. Karena ini akan menentukan tahapan kamu untuk kedepannya. Tetap berpakaian rapi  dan sopan, dan juga tinggalkan kesan baik untuk interviewer kamu. Sehingga mereka tertarik untuk bekerjasama denganmu.