Alasan Kulit Terasa Perih Terkena Sinar Matahari

Apakah kamu pernah mengalami ruam merah yang terasa perih dan gatal di kulit? Bisa jadi kamu alergi terhadap sinar matahari ladies. Alergi matahari bisa saja terjadi ketika sistem imun tubuh kamu bereaksi secara berlebihan jika terkena sinar matahari. Salah satu gejala yang paling umum adalah munculnya ruam-ruam gatal pada kulit sehabis melakukan aktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

Alergi ringan terhadap matahari ternyata bisa kamu rawat sendiri tanpa perlu perawatan dokter lho. Sedangkan untuk yang alerginya cukup parah, dibutuhkan perawatan berupa krim atau obat-obatan khusus. Banyak faktor yang bisa menyebabkan alergi matahari. Bisa karena turunan dari keluarga, bisa karena bahan kimia dalam produk perawatan kulit atau parfum, bisa juga dari obat-obatan yang kamu konsumsi.

Alasan Kulit Terasa Perih Terkena Sinar Matahari
source: https://pin.it/uge4crim54o6xp



 

Gejala yang Muncul Akibat Sinar Matahari

Di sini ada beberapa gejala yang menunjukan reaksi dari alergi matahari jika kamu terkena sinar matahari. Pada awalnya mungkin terasa seperti rasa terbakar yang biasa, namun pada esok harinya akan terasa perih atau gatal. Beberapa gejala alergi matahari yang bisa kamu lihat adalah seperti Kulit berwarna kemerahan, Kulit terasa gatal atau perih, Munculnya benjolan kecil pada kulit, Kulit bersisik, sedikit mengelupas, Muncul blister dan ruam.

Nah, gejala seperti itu biasanya hanya muncul pada bagian kulit yang terpapar sinar matahari saja dan biasanya baru muncul beberapa jam setelah terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama ladies.

Gejala yang Muncul Akibat Sinar Matahari
source: https://pin.it/v6otznfmwcuagr



 

baca juga

Cara Mengatasi Kulit Perih Akibat Sinar Matahari

Jangan khawatir ladies!, hal berikut ini bisa mencegah timbulnya reaksi alergi, seperti :

1. Menghindari langsung dari paparan sinar matahari. 
Ladies bisa menggunakan topi, kacamata hitam, pakaian yang menut upi atau pakaian panjang, dan payung untuk meminimalisir paparan sinar matahari ke kulitmu

2. Menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan. 
Bagi yang memiliki alergi matahari harus banget nih mengaplikasikan tabir surya di seluruh area tubuh yang akan terpapar sinar matahari dengan SPF minimal 15. Penggunaan tabir surya pun harus diaplikasikan secara berulang dalam jangka waktu tertentu kurang lebih setiap 2 jam sekali. Jangan lupa juga untuk menggunakannya di area wajah dan satu lagi nih, gunakan lip balm yang mengandung SPF yah.

3. Membatasi waktu dari paparan sinar matahari
Usahakan untuk menghindari atau meminimalkan aktifitas luar ruangan saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Kalau di Indonesia, sinar matahari mulai terasa terik dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

4. Sedia Aloe Vera Gel
ika kulit kamu sudah terlanjur kemerahan, menghitam atau kusam terkena sinar matahari, kamu bisa langsung mengompresnya atau mengoles secara tebal dengan aloe vera gel agar kulit terasa sejuk dan meminimalisir rasa terbakar.

Cara Mengatasi Kulit Perih Akibat Sinar Matahari
source: https://pin.it/no55i4vfvecwro