Memiliki Indeks Glikemik yang Lebih Rendah

Memiliki Indeks Glikemik yang Lebih Rendah

Indeks glikemik (Glycemic Index atau GI) yaitu sebagai angka yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Ternyata beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. Sehingga mengkonsumsi nasi merah sangat baik bagi penderita diabetes serta mendukung kesuksesan program diet.

Kenyang Lebih Lama

Kenyang Lebih Lama

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Beras merah mengandung serat 6 kali lebih banyak daripada beras putih. Kandungan serat ini akan diproses oleh sistem pencernaan dalam waktu lama. Wajar saja bila kamu merasa kenyang lebih lama ketika menyantap nasi merah.

Nasi merah memberimu suplai energi secara bertahap sesuai kebutuhan, sehingga asupan kalori dapat terpakai lebih efisien dan tidak menumpuk menjadi lemak. Ini dia salah manfaat nasi merah untuk diet.

 

baca juga

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Semakin bertambah usia, kekuatan tulang pada tubuh manusia juga semakin berkurang. Kandungan kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tulang dan gigi juga terdapat pada beras merah lo, ladies. Kebutuhan kalsium dan magnesium harian bagi tubuhmu bisa diperoleh dari konsumsi beras merah. Buat kamu yang ingin tetap terlihat bugar dan kuat, tak ada salahnya mulai beralih mengkonsumsi dari nasi putih ke nasi merah. Jangan lupa pula mengkonsumsi lauk yang kaya kalsium untuk menyempurnakan asupan nutrisi yang satu ini bagi tubuhmu.

 

Menjaga Kekebalan Tubuh

Menjaga Kekebalan Tubuh

Ada beragam jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah. Nasi merah merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik. Itulah sebabnya mengkonsumsi nasi merah akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

baca juga

Menjaga Sistem Pencernaan

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat nasi merah lainnya yaitu menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat pada nasi merah rupanya bukan hanya akan membuatmu kenyang lebih lama. Serat tersebut juga akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat juga membawa bantuan dari kondisi lain seperti sembelit, iritasi usus, kanker usus, hingga wasir.

Bebas Stress dan Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini terjadi karena banyaknya radikal bebas yang diterima oleh tubuh dan salah satunya stress. Beras merah merupakan jenis biji-bijian yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Kamu bisa mengoptimalkan kandungan antioksidan dari beras merah dengan mengkonsumsi secara rutin.

Cara ampuh mengatasi stres rupanya tidak sulit. konsumsi beras merah yang kaya kandungan vitamin B bisa menjadi salah satu caranya. Vitamin B adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan otak dan sistem saraf. Bagian otak dan saraf yang mengendalikan emosi akan menjadi lebih rileks bila kebutuhan vitamin B sudah tercukupi.

Bebas Stress dan Mencegah Penuaan Dini

Rugi sekali jika kamu melewatkan konsumsi nasi merah. Beragam manfaat istimewanya akan bikin kamu semakin sehat dari hari ke hari. Terutama kamu yang sedang menjalani program diet. Nasi merah sering dijadikan alternatif karbohidrat untuk orang-orang yang sedang diet. Namun, juga harus disertai dengan pola makan sehat dan rendah lemak. Kunci untuk hidup sehat ternyata tidak harus sulit asalkan kamu konsisten menjalaninya mulai sekarang.