Apa Sih SPF Itu?


Apa Sih SPF Itu?

Ladies, SFP itu adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang ternyata hanya berurusan sebagai penangkal UVB (ultraviolet B) yang berassal dari matahari. UVB ini emang berdampak buruk banget bagi kulit ladies. Ia menjadi sumber masalah terjadinya  sunburn atau kulit terbakar. Bahkan hal ini sudah dipaparkan seorang ahli kulit dari Amerika bernama Dr. James Spencer. Ia mengatakan
 

“SPF 15 menghalangi 94% sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, dan SPF 45 menghalangi 98%. SPF lebih dari itu tak bermanfaat lagi karena tak ada sunscreen yang mampu melindungi kulit dari sinar UVB hingga 100%”

Nah, satu lagi yang juga sering buat bingung adalah angka yang ada di belakang tulisan SPF. Ternyata angak tersebutlah yang dapat menunjukkan seberapa besar perlindungan yang akan diberikan sunscreen tersebut. Tapi harus digaris bawahi bahwa perbedaannya pun tidaklah berbeda jauh ladies.

  • SPF 15 bisat menahan hingga 93% dari sinar UVB
  • SPF 30 bisat menahan hingga 97% dari sinar UVB
  • SPF 50 bisat menahan hingga 98% dari sinar UVB

Karena perbedaanya tadi yang tidak signifikan, gak geran kalau banyak ahli yang menyarankan untuk memakai SPF yang 15 ataupun yang 30. Dengan SPF angka yang segitu dianggap sudah mampu memberikan perlindungan. Tapi, harus diingat jangan terlalu tipis dalam pengaplikasiannya ladies, itu bakalan buat sunscreen gak bekerja secara maksimal setidaknya gunakan 2mg atau 2cm2 ya.

baca juga

Kenalan Dulu Sama PA++

Kenalan Dulu Sama PA++
source: https://faviana.com/blog/how-to-protect-your-skin-from-the-sun

Nah, satu lagi yang sering banget dilihat pada label kemasan adalah tulisan PA++. Nah, PA ini sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA (ultraviolet A) yang nyatanya lebih rendah menyebabkan kerusakan dibandingkan dengan UVB. Meski demikian, ladies tetap harus waspada karena ia bisa menembus awan bahkan kaca.

Misalkan ladies kerja di dalam kantor yang berkaca dan kemudian sinar matahari masuk, maka UVA otomatis akan menyerang kulit. Lebih diwaspadai lagi, sinar UVA ini bisa menembus lapisan kulit bagian dalam lho. Adapun tanda (+) dibelakang mengindikasikan perlindungan yang diberikan. Semakin banyak tanda (+) nya maka akan semakin besar perlindungan yang akan diberikan.

Perbedaan SPF dan PA++


Perbedaan SPF dan PA++
source: https://tr.123rf.com/photo_56217805_colorful-portrait-of-young-attractive-woman-wearing-sunglasses-summer-beauty-and-nail-art-concept.html

Jadi, udah jelas banget kan ladies, kalau SPF dan PA++ itu berbeda dalam hal memberikan perlindungan. Sederhana aja sih untuk membedakannya. Kalau dia SFP fungsinya melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang bisa menyebabkan kulit terakar sedangkan PA melindungi dari paparan sinar UVA yang kekuatannya lebih rendah dari UVB namun tetap bisa berbahaya karena menembus lapisan kulit terdalam.

Selain itu, penulisan tingkatan perlindungan diantara keduanya juga berbeda. Kalau SPF biasanya memakai angka seperti 15, 30, 50 dan lain sebagainya, sedangkan PA memakai tanda (+) yang jika semakin banyak tanda (+) nya maka akan semakin besar perlindungan yang diberikan.

Nah, itu dia ladies penjelasan mengenai perbedaan SPF dan PA++. Udah jelas kan sekarang, jangan salah lagi ya.