1. Lakukan Perawatan Wajah Harian

Rutin membersihkan wajah dua kali sehari merupakan langkah awal untuk membebaskan kulit dari kotoran dan debu yang membuat wajah kusam. Untuk memiliki kulit bersih dan kesat, kamu harus melakukan metode double cleansing pada wajah kamu.

1. Lakukan Perawatan Wajah Harian

Setelah wajah dibersihkan, jangan lupa untuk selalu gunakan pelembab atau moisturizer, ya! Terakhir, lindungi kulitmu dari sinar matahari yang bisa bikin kulit kusam dengan mengaplikasikan sun screen saat akan beraktivitas di luar ruangan. 

2. Memakai Scrub Wajah

Scrub wajah penting dilakukan seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah terlihat kusam. Ada banyak merk scrub wajah, dan tiap merek produk kecantikan biasanya mengeluarkan face scrubnya masing-masing. Kamu pun dapat membuat scrub sendiri di rumah dengan mencampurkan bahan-bahan alami yang mudah didapat, lho! 
2. Memakai Scrub Wajah

Gunakan madu sebagai bahan utama untuk mengkreasikan scrub wajah buatanmu dengan campuran bahan-bahan alami lainnya. Misalnya, dengan mencampurkan madu dengan gula pasir, oatmeal, kopi bubuk, beras yang telah ditumbuk, hingga ampas teh hijau. 

Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes lemon ke dalam campuran scrub wajah tadi. Selain berfungsi sebagai aroma terapi, lemon juga berkhasiat untuk mencerahkan wajah. Gosok campuran scrub tadi dengan gerakan memutar pada kulit wajah secara lembut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. 

baca juga

3. Menggunakan Masker Wajah

3. Menggunakan Masker Wajah

Item yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dan sangat mudah didapatkan di swalayan ataupun di drugstore terdekat. Aplikasikan masker setelah wajah telah discrub terlebih dahulu. Kamu pun juga dapat berkreasi membuat masker wajah sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang alami.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah kalian dapat membuat masker menggunakan campuran madu, yogurt, kunyit, bengkuang, ataupun kefir. Diamkan masker selama 15 hingga 30 menit agar nutrisi terserap sempurna pada kulit wajah.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Langkah terakhir ini adalah langkah dasar yang mungkin seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, selain 'asupan' dari luar, kulit juga butuh 'asupan' dari dalam tubuh, lho! Rajin berolahraga, banyak minum air putih, perbanyak makan sayur dan buah, istirahat yang cukup, serta hindari stress dan juga rokok adalah kunci hidup sehat sehingga kulit menjadi senantiasa sehat dan akan cerah berseri.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan kulit yang cerah dalam waktu singkat, segera saja terapkan langkah-langkah di atas, Ladies! Dengan melakukannya secara rutin, kulit wajahmu pun akan menjadi cerah dan bersinar dalam hitungan hari.