Tentukan Budget Bersama Pasangan Kalian

Tentukan Budget Bersama Pasangan Kalian
source: https://www.savvyspreadsheets.com/

Perhitungannya haruslah jelas, berapa persen kamu dan pasanganmu berkontribusi dalam bujet acara pernikahan kalian nanti. Dari sinilah, kamu bisa menentukan seberapa banyak tamu undangan, mencari tempat, memesan catering, undangan, souvenir, dan keperluan lainnya. Harus sesuai dengan budget yang kalian miliki ya ladies. Kalian juga harus mempersiapkan budget lebih untuk mengantisipasi biaya tak terduga.
 

Selesaikan Urusan Berkas Pernikahan

Selesaikan Urusan Berkas Pernikahan
source: http://www.seputarpernikahan.com/

Yang satu ini nggak boleh diremehkan ya, persiapan pernikahan menjadi lama karena waktu yang dibutuhkan untuk mengurus berkas-berkas pernikahan resmi juga lama. Bukan hanya berhubungan dengan urusan pemerintahan, berkas-berkas juga biasanya dibutuhkan untuk syarat menikah secara agama dan hukum pernikahan. Kalau bisa sebelum mengurus printilan pernikahan lain, yang ini harus beres dulu, ladies. Siapkan segala berkas yang dibutuhkan, agar kamu akan lebih tenang. Pengurusan ini tidak bisa diwakilkan ya ladies.
 

baca juga

Mencari Lokasi Sembari Menyiapkan Souvenir

Mencari Lokasi Sembari Menyiapkan Souvenir
source: https://pinoydeal.ph/

Carilah tempat yang sesuai kapasitas tamu yang ada di daftar yang telah kamu buat. Kalau kamu melangsungkan acara pernikahan di rumah, kamu bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Atau mencari lokasi outdoor juga bisa menjadi solusi kalau kamu ingin harga lebih murah daripada harus menyewa gedung (ingat harus sesuai budget yang sudah kalian buat ya). Sembari itu kalian juga bisa mencari souvenir (kalau bisa, berikan souvenir yang bermanfaat, bukan hanya untuk dipajang).
 

Memilih Gaun Pengantin dan Make Up Artist

Memilih Gaun Pengantin dan Make Up Artist
source: https://www.instagram.com/bennusorumba/

Setelah beres dengan ke tiga hal di atas, sekarang saatnya mempersiapkan gaun dan make up kalian. Kalau mau hemat, kamu bisa membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah namun tetap berkualitas. Sembari menyiapkan gaun pengantin, jangan lupa juga mengurus tema makeup seperti apa yang kalian inginkan. Biasanya salon akan menawarkan paket-paket rias pengantin ladies.
 

baca juga

Mencari Katering & Membuat Undangan

Mencari Katering & Membuat Undangan
source: https://todaysbride.com/

Terakhir adalah menyiapkan katering dan mencari tempat untuk mencetak undangan kalian. Kalau misal kalian punya saudara atau teman dekat yang membuka usaha katering, kalian bisa loh menggunakan jasa mereka, hitung-hitung juga berbagi rejeki dengan mereka. Untuk desain undangan, kalau kalian punya teman seorang desainer grafis, kalian juga bisa menggunakan jasa mereka. Berbagi rejeki karena kita juga sedang berbahagiakan ladies.

Ladies, inilah 5 tips mempersiapkan pernikahan yang simple dan matang. Perhatikan langkah-langkahnya dengan baik dan benar ya ladies. Terutama pengurusan berkas yang memang itu menyita waktu, kalian mungkin bakal pusing, tapi itu harus dilalui. Semangat ladies. Good luck!