Penyebab Alergi Pada Kulit Wajah, Perhatikan ya!


Kulit wajah adalah bagian tubuh yang rentan terhadap alergi. Munculnya alergi disebabkan oleh paparan terhadap alergen, yaitu unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergi pada kulit wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, penasaran? Yuk, check this out!

Kenali Penyebab dan Langkah Tepat Mengobati Alergi Pada Kulit Wajah!

Penyebab Alergi Pada Kulit Wajah:

1. Kosmetik dan Skincare Yang Tidak Cocok Dengan Kondisi Wajah
Keinginan untuk mendapat kulit yang putih dan cantik terkadang membuat kita terlena dengan suatu produk kecantikan yang di beli secara sembarangan tanpa memperhatikan komposisi dan aturan pakai. Nah, untuk itu, sebaiknya kalian konsultasikan ke dokter kulit atau baca komposisi suatu produk sebelum kalian membeli, ya. Kalau sudah terlanjur memakai, sebaiknya kalian hentikan pemakaian. Agar kulit kalian tak hanya cantik, tetapi juga sehat!

2. Kondisi Udara dan Lingkungan
Tingginya intensitas panas matahari, debu, dan polusi khususunya di siang hari juga bisa menjadi pemicu munculnya alergi pada kulit wajah, lho. Nah, untuk itu, kalain jangan malas menggunakan sunscreen atau masker pelindung wajah saat akan keluar rumah ya!

3. Tubuh Kurang Asupan Nutrisi
Terkadang, kita hanya fokus merawat wajah dengan penggunaan obat luar seperti skincare, tanpa memikirkan nutrisi untuk merawat kulit dari dalam tubuh. Untuk melindungi kulit dari alergi, kita sangat di anjurkan juga untuk mengkonsumsi vitamin E dan D yang bisa kita peroleh dari buah-buahan atau sayur-sayuran. Yuk, kita mulai hidup sehat.


.Kenali Ciri-Ciri Alergi Pada Kulit Wajah, yuk!


Terkadang kita tidak sadar akan munculnya alergi, karena tingkatannya yang ringan. Namun, bila kamu terlambat menyadari gejala alergi, kemungkinan alergi akan bertambah parah, lho. Kalau begitu, kita kenali yuk ciri-ciri alergi.

Kenali Penyebab dan Langkah Tepat Mengobati Alergi Pada Kulit Wajah!

Alergi Pada Kulit wajah, biasanya mengakibatkan berbagai reaksi, seperti:

1. Biduran
Kondisi ini terjadi ketika kulit wajah bereaksi pada suatu zat yang sifatnya alergen. Biduran biasanya terjadi karena kondisi alergi terhadap produk kosmetik atau kondisi udara dan lingkungan. Gejala biduran antara lain:

  • Kulit terasa panas atau perih
  • Muncul sensasi kesemutan
  • Kulit gatal
  • Ruam dan bengkak.

2. Peradangan Pada Bibir atau Cheilitis
Peradangan ini biasanya terjadi karena alergi terhadap komposisi lipbalm, lipstick, atau lipcream.  Biasanya bibir akan terasa gatal. menjadi kering dan membengkak. Nah, harus lebih jeli memilih produk ya, dear!

3. Dermatitis Kontak Alergi
Dermatitis kontak biasanya terjadi karena alergi terhadap produk kosmetik dan bisa berkembang lebih dari 12-48 jam setelah terjadinya kontak antara kulit dengan alergen. Gejalanya meliputi: Kulit kemerahan, bengkak, kulit gatal, dan muncul jerawat tidak normal. Alergi ini juga bisa memunculkan komedo dan kulit menjadi kusap serta gelap.

4. Ruam
Ruam biasanya terjadi pada sekitar area mata dan di tandai dengan kondisi kulit berubah kemerahan, terasa gatal, dan kulit mengelupas di sekitar mata. Ruam banyak terjadi karena alergi terhadap kosmetik, dear.
baca juga


Tak Perlu Khawatir, Pengobatan Alergi Pada Kulit Wajah Bisa Dilakukan Secara Alami, Lho!


Apa aja sih obat alami untuk menyembuhkan alergi pada kulit wajah? Nah, kalian bisa cek di bawah ini. Yuk!

1. Menggunakan kompres es
Terkadang, produk sabun, pelembab, atau lain sebagainya justru dapat memperparah alergi karena adanya campuran kandungan kimia, lho. Kompres menggunakan es pada kulit wajah bisa menjadi salah satu alternative pengobatan untuk meringankan alergi pada kulit.

2. Aloevera/Lidah Buaya
Tanaman ini memang di kenal dengan seribu khasiatnya bagi kesehatan kulit. Lidah buaya ini mampu meradakan kulit yang terasa panas/terbakar saat alergi muncul. Caranya dengan
mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena alergi.

3. Baking Soda
Tidak hanya di gunakan untuk membuat kue saja, baking soda juga berguna untuk mengobati ruam pada kulit wajah, lho. Caranya, kamu dapat merendam waslap ke dalam air yang sudah di campur dengan baking soda lalu mengompres area kulit yang bermasalah. Kamu juga bisa dengan berendam di bath up dengan menggunakan air dingin yang sudah di campur baking soda selama 1 jam. Selamat mencoba, ya!

4. Cuka Apel
Biasanya cuka apel di kenal untuk menyembuhkan masalah jerawat, namun antiseptik dan anti-jamur yang terkandung pada cuka apel juga bisa membantu meringankan alergi dan menyeimbangkan asam-basa pada kulit wajah. Untuk pengobatannya, kamu bisa mengompres kapas pada rendaman cuka apel yang di tambah sedikit air untuk menarik racun-racun keluar dari kulit wajah kamu. 

5. Masker Oatmeal
Oatmeal bersifat humektan, yang dapat melembapkan kulit. Oat juga mengandung senyawa avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan pada alergi kulit wajah kamu. Cara pengobatannya adalah, kamu bisa membuat oatmeal menjadi masker lalu aplikasikan masker tersebut pada kulit wajah kalian.

Nah, itu beberapa pengulasan tentang penyebab, ciri-ciri, dan pengobatan alami untuk kulit wajah yang alergi. Tetap jaga kesehatan kulit kamu dan perhatikan kandungan dalam produk kecantikan, ya! Selamat Mencoba, dear!