1. Hindari Makanan Beraroma Kuat

Menjalankan puasa sunnah itu artinya kita hanya bisa makan di waktu-waktu tertentu saja. Di waktu yang terbatas itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang tidak menimbulkan bau mulut. Jenis makanan yang beraroma kuat dan memicu bau mulut misalnya saja bawang.
 

1. Hindari Makanan Beraroma Kuat

Selain bawang, hindari juga mengonsumsi keju saat sahur atau berbuka. Keju mengandung asam amino tinggi yang bisa memicu bau mulut. Apalagi besar kemungkinan sisa keju tertinggal di rongga gigi sehingga akan memicu tumbuh bakteri. Meskipun bisa aroma kuat dari dua jenis makanan tersebut bisa dikurangi dengan sikat gigi, namun akan lebih baik jika kamu menghindarinya.
 

2. Perbanyak Asupan Cairan

Cara lain untuk meminimalisir bau mulut saat puasa sunnah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebagai sumber cairan utama bagi tubuh, air putih akan menghindarkan kita dari dehidrasi yang juga bisa memicu bau mulut. Dengan cairan yang cukup tubuh kita juga akan lebih kuat untuk menjalani puasa sunnah.
 

2. Perbanyak Asupan Cairan

Mengonsumsi air putih yang cukup juga akan membuat tubuh kita terus lembab, terutama bagian bibir. Karena semakin kering bibir akan semakin menimbulkan bau mulut. Minum air putih yang cukup juga akan membantu kelancaran produksi air liur dalam mulut. Air liur ternyata membantu menjaga kebersihan mulut selama tidak ada makanan yang masuk.
 

baca juga

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Cara paling nyata untuk menghilangkan bau mulut saat puasa sunnah, termasuk puasa sunnah Senin Kamis dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Menyikat gigi dua kali sehari dapat membersihkan gigi dari sisa makanan dan membuat mulut segar. Kamu juga bisa menggunakan benang untuk membersihkan gigi hingga ke sela terdalam.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Menggunakan mouthwash juga disarankan selama berpuasa. Formula dari cairan penyegar mulut itu mampu membersihkan bakteri sisa makanan yang tertinggal di mulut. Selain itu aroma segarnya juga akan menyamarkan bau mulut. Jika perlu, kamu juga bisa mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan karang gigi yang menempel. Agar selama berpuasa mulut tetap segar, terhindar dari bau mulut, dan gigi juga tetap sehat.
 

4. Konsumsi Buah

Selain berguna untuk melancarkan pencernaan, buah ternyata juga bisa mencegah bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa konsumsi apel yang punya kandungan polifenol. Kandungan ini bisa  bantu hilangkan senyawa gas belerang dalam mulut. Beberapa jenis buah juga bisa menghasilkan asam yang bisa menghambat bakteri dalam mulut.

4. Konsumsi Buah