Resep Bolu Pisang Tanpa Mixer

Bikin bolu pisang tanpa mixer? Hah, memang bisa? Tentu saja bisa dong! Buat kamu yang nggak punya mixer di rumah pun tetap bisa bebas berkreasi memasak bolu pisang dengan resep bolu pisang tanpa mixer seperti di bawah ini. 

Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahannya ya. Bahan yang dibutuhkan yaitu :
 

  • 3 buah pisang 
  • 150 Gram tepung terigu serba guna
  • 150 Gram minyak goreng
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan gula pasir
  • 1/2 Sendok teh soda kue
  • 1/2 Sendok teh baking powder
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 Sendok teh garam
  • Gula halus secukupnya
Nah, setelah memastikan bahan-bahannya tersedia, sekarang bisa langsung praktek deh. 
  1. Lumatkan pisang dengan garpu. Jangan terlalu halus supaya tekstur pisangnya tetap ada. 
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Kemudian masukkan pisang yang sudah dilumatkan, tambahkan minyak goreng, dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Campur dan ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan garam. Kemudian, sedikit demi sedikit masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan telur dan pisang.
  4. Aduk adonan tadi dengan spatula. Usahakan aduk dengan cara melipat adonan. Hal ini untuk menghindari bolu tidak bantat nantinya. 
  5. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng. Tuangkan ke adonan di atasnya dan ratakan. 
  6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, kemudian masak adonan bolu pisang dengan api sedang selama 30 menit. Jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan kain ya, agar uapnya tidak menetes ke dalam kue. 
  7. Jika merasa sudah matang, angkat bolu dari kukusan dan biarkan dingin. Kamu bisa menusuk bolu dengan lidi untuk memastikan matang atau tidaknya bolu. 
  8. Keluarkan bolu pisang dari loyang. Kamu bisa menaburinya dengan gula halus sesuai selera. 
  9. Dan, voila! Bolu pisang pun sudah jadi dan nggak perlu pakai mixer. Mudah dan simpel bukan? 
Resep Bolu Pisang Tanpa Mixer

Resep Bolu Pisang Panggang

Nah, kalau tadi kita sudah belajar membuat bolu pisang tanpa mixer, sekarang bisa dicoba membuat bolu pisang yang lebih praktis dengan menggunakan peralatan seperti mixer dan oven. Tenang saja, bahan-bahan yang digunakan tidak berbeda jauh kok dengan resep sebelumnya. Hanya saja membuatnya lebih cepat dan praktis dengan bantuan mixer dan oven sehingga tingkat kematangannya lebih mudah diatur. 

Yang pertama, tentu saja menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya ya.Berikut bahan-bahan untuk membuat bolu pisang panggang dengan oven 

  •  4 Buah pisang yang sudah matang
  • 200 Gram tepung terigu serba guna
  • 250 Gula pasir
  • 250 Gram minyak sayur
  • 4 Butir telur ayam
  • 1/2 Sendok teh baking powder
 Jika sudah, bisa langsung dipraktekkan nih. Ikuti langkah-langkahnya untuk menghasilkan bolu pisang panggang yang lezat ya
  1. Langkah pertama lumatkan pisang. Ingat jangan terlalu halus untuk menjaga tekstur pisang. 
  2. Kocok telur ayam bersama dengan gula pasir dan baking powder dengan mixer berkecepatan tinggi. Kocok hingga adonan berubah menjadi warna putih ya. 
  3. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur. Tambahkan minyak sayur dan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk lagi sampai semuanya tercampur rata. 
  4. Panaskan oven dengan suhu kurang lebih samapi 170 derajat Celcius.
  5. Olesi loyang dengan minyak goreng dan tuangi sedikit tepung terigu agar adonan matang sempurna. Kemudian tuang adonan ke dalamnya dan panggang selama kurang lebih 30 menit.
  6. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya. Jika sudah yakin matang, keluarkan bolu dari oven.
  7. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan dengan gula halus atau tanpa tambahan apapun. Sesuaikan saja dengan selera kamu! Yummy! 
 

 

Resep Bolu Pisang Panggang
baca juga

Resep Bolu Pisang Cokelat

 Nah, kalau tadi kita sudah mengetahui bahan dan teknik dasar membuat bolu pisang, sekarang kita bisa mengupgrade sedikit variasi bolu pisangnya. Kamu bisa menambahkan cokelat ke dalam bolu pisangmu. Dalam resep kali ini, kita akan membagikan resep bolu pisang dengan taburan chocolate crumble bikinan sendiri. Istimewa banget deh. 

Pertama kita perlu menyiapkan bahan untuk bolu dan bahan untuk chocolate crumble itu sendiri. Bahan-bahan bolunya bisa dilihat di bawah ini ya. 
 

  • 200 Gram pisang matang
  • 125 Gram margarin
  • 80 Gram gula palem
  • 175 Gram terigu serba guna
  • 5 Gram cokelat bubuk
  • 1 Sendok teh baking powder
  • 1/2 Sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 Butir telur
Nah, untuk bahan chocolate crumblenya, bisa dilihat di bawah ini. 
  • 80 Gram terigu serba guna
  • 15 Gram cokelat bubuk
  • 60 Gram margarin
  • 20 gr gula bubuk
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
Jika semua bahan sudah siap, sekarang saatnya eksekusi. Ikuti langkah-langkah cara membuat bolu pisang cokelat di bawah ini yaa :
  1. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan kayu manis dari bahan dasar. 
  2. Campur bahan-bahan chocolate crumble dengan garpu sebagai taburan bolu pisang setelah matang nantinya. 
  3. Kocok margarin dan gula sampai mengembang dan halus. 
  4. Pelan-pelan, turunkan kecepatan mixer kemudian masukkan telur ke dalam adonan. 
  5. Masukan bahan dasar kering yang sudah diayak, kemudian masukan pisang yang sudah dilumatkan dengan garpu. Aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit.
  8. Jika sudah agak matang,keluarkan loyang dari oven, kemudian taburi chocolate crumble. Panggang lagi sampai kurang lebih 45 menit.
  9. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.
  10. Tada! Jadilah bolu pisang cokelat ala rumahan. Mudah dan simpel kan? Selamat mencoba! 

 
Resep Bolu Pisang Cokelat