1. Faktor Genetika

Faktor genetika merupakan faktor utama penyebab kerontokkan terutama bagi mereka yang masih berusia muda. Faktor genetika merupakan faktor internal yang sampai kini masih sulit diperiksa secara klinis. Namun yang jelas, faktor ini muncul dari garis keturunan. Dengan kata lain, penyebab rambut rontok usia 20 paling banyak disebabkan karena keturunan.

1. Faktor Genetika
source: http://akucantik.id/

Penyebab rambut rontok terus menerus karena faktor keturunan ini termasuk yang sulit disembuhkan. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mengurangi volume rambut yang rontok. Caradengan merawat lebih intens rambut dengan berbagai produk buatan maupun bahan alami.

2. Faktor Hormon

Gelombang hormon pada remaja atau orang berusia muda sangat mungkin menyebabkan kerontokkan rambut. Remaja pada umumnya masih dalam masa perubaha hormon yang signifikan. Remaja putri dapat mengembangkan ovarium polikistik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok. Juga, remaja laki-laki dengan ketidakseimbangan hormon androgen juga dapat mengalami kerontokan rambut.
 

2. Faktor Hormon
source: http://hariangadis.com/
baca juga

3. Pengaruh Obat-Obatan Kimia

Penyebab rambut rontok banyak seringkali terjadi sebagai efek dari konsumsi obat-obatan kimia. Obat-obatan biasanya mempunyai efek samping merusak keratin yang tidak lain adalah protein rambut. Selain itu efek obat juga bisa melemahkan akar rambut. Dengan rusaknya keratin dan lemahnya akar rambut, maka kerontokkan tak dapat dihindarkan.

Selain obat-obatan, produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia juga memicu kerontokan rambut di usia muda. Jangan sampai karena ingin merawat rambut agar menjadi indah dan tidak rontok, kamu sampai melakukan perawatan yang berlebihan. Jadi, lakukan perawatan seperlunya saja.
 

4. Bisa Jadi Efek Stres

Faktor stress sebagai penyebab utama kerontokan sudah banyak diketahui. Kondisi psikologis ini sangat mempegaruhi kekuatan akar rambut. Sehingga semakin seseorang tertekan dan stress, akan semakin banyak pula kerontokan rambut yang akan dialami. Penyebab rambut rontok parah pada wanita  ini bisa dikurangi dengan mengelola emosi sehingga terhindar dari depresi.

4. Bisa Jadi Efek Stres
baca juga

5. Kekurangan Nutrisi

Kerontokan tidak hanya disebabkan oleh faktor internal. Apa yang kita makan juga bisa mempengaruhi kekuatan akar dan helai rambut. Kekurangan beberapa nutrisi penting seperti zat besi, omega 3 dan zinc dapat menyebabkan rambut menjadi lemah. Karenanya penting untuk memastikan tubuh kita mendapat asupan yang dibutuhkan.
 

5. Kekurangan Nutrisi