Sayangnya, saking bersemangatnya melakukan scrub, kadang-kadang kita melakukannya terlalu sering atau terlalu keras yang dapat mengakibatkan kulit justru menjadi rusak seperti kemerahan, iritasi, jadi kering dan bahkan perih. 

Nggak mau kan kalau kulit wajah justru menjadi rusak? Nah, sebelum melakukan eksfoliasi, coba dulu baca 5 tips cara merawat wajah benar-benar glowing tanpa rusak karena over eksfoliasi! 

Waktu yang Tepat untuk Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi memang bisa kapan saja, tapi dianjurkan untuk melakukannya di malam hari. Kenapa? Karena di malam hari, semua zat-zat yang terkandung dalam produk eksfoliasinya bisa bekerja baik dan terpenetrasi dengan maksimal. Sedangkan di pagi dan siang hari adalah saatnya kulit wajah memakai tabir surya. Jadi sebaiknya dilakukan di malam hari, ya!

Waktu yang Tepat untuk Eksfoliasi
source: https://www.simple.co.uk
baca juga

Pilih Produk yang Tepat dan Baca Kandungannya

Sebelum melakukan eksfoliasi, kalian harus memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kalian, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit wajah sensitif. Jangan lupa juga untuk mengecek kandungan di dalam produk tersebut. Gunakan produk skincare dengan kandungan satu jenis eksfoliator saja.  Perlu kamu ketahui, exfoliating agents yang saat ini beredar di pasaran adalah retinol, glycolic acid, dan salicylic acid. 

Pilih Produk yang Tepat dan Baca Kandungannya
source: https://anewscafe.com

Lakukan Seminggu atau Dua Minggu Sekali

Melakukan eksfoliasi tidak boleh terlalu sering, karena yang ada nantinya kulit kalian malah akan rusak dan iritasi. Idealnya, eksfoliasi tidak dilakukan setiap hari. Seminggu sekali atau dua kali saja, tergantung dari jenis kulit kalian. Untuk wajah kusam dan berjerawat, eksfoliasi satu sampai dua kali seminggu tidak masalah, karena memang rentan oleh kotoran yang tersumbat di pori-pori. Sedangkan kalau kulit kalian kering, kalian hanya perlu melakukannya dua minggu sekali. 

Lakukan Seminggu atau Dua Minggu Sekali
source: https://unsplash.com
baca juga

Lakukandengan Lembut

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat eksfoliasi adalah seberapa kuatnya kamu saat mengusap dan memijat wajah. Scrub eksfoliasi biasanya memiliki butiran yang akan mengangkat sel kulit mati dari kulit wajah kita. Nah, jangan sampai terlalu bersemangat dan menggosok wajahmu dengan keras, ya! Karena, nantinya malah membuat kulitmu iritasi dan bahkan terluka. Lebih baik pijat dengan lembut dan lakukan sesuai waktu yang disarankan di kemasan produk tersebut. Umumnya dilakukan 2-3 menit. 

Lakukandengan Lembut
source: https://www.healthyoptions.com.ph

Cara Membilas yang Benar

Saat melakukan eksfoliasi, kita mengangkat kotoran di pori-pori serta sel kulit mati. Nah, cara yang tepat untuk membilasnya adalah dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan membersihkannya dengan menyeluruh. Namun, setelah itu kalian harus membilas lagi dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Kemudian, keringkan dengan handuk yang lembut, ya. 

Cara Membilas yang Benar
source: https://healthybeautyme.com