• Manfaat Vitamin C

Sebelum membahas lebih jauh tentang kapan waktu terbaik untuk menggunakan serum vitamin C. Yuk, kita kenali dulu manfaat-manfaat apa saja yang akan kamu peroleh bila menggunakan serum vitamin C.

Vitamin C yang banyak ditemukan dalam buah-buahan berwarna cerah seperti jeruk adalah jenis vitamin yang baik untuk kulit lho. Diantaranya meningkatkan kolagen, mencerahkan kulit dan menangkal radikal bebas. Jadi, vitamin C ini cocok banget untuk kamu yang punya masalah seputar warna kulit tidak merata, kulit gelap dan kusam, kulit banyak terpapar polusi dan sinar matahari serta memiliki kerutan-kerutan halus.


source: https://id.pinterest.com/wishtrend/

Menyadari segudang manfaat vitamin C untuk kulit ini, gak heran kalau sudah banyak produsen skincare kecantikan yang memanfaatkan khasiatnya sebagai zat aktif untuk mengatasi masalah-masalah kulit. Perpaduan vitamin C ini tidak cuma terbatas pada cream saja, tapi juga sudah merambah pada hampir semua bentuk skincare termasuk serum.

Serum sendiri punya konsistensi kandungan vitamin C yang tinggi. Ada yang 70% hingga 90%. Kandungan zat aktif yang tinggi ini memang bisa menimbulkan rasa cekit-cekit pada wajah maupun indikasi lainnya. Namun, bila kamu cocok dengan suatu serum. Khasiatnya memang bisa bekerja dengan lebih cepat dibanding hanya menggunakan cream saja. Begitu manfaat vitamin c untuk wajah.

  • Vitamin C Untuk Malam Hari
Kebanyakan orang memilih menggunakan serum vitamin C pada malam hari. Alasannya simple, karena serum vitamin C harus digunakan secara teratur dan konsisten mereka lebih memilih malam hari sebagai waktu menggunakan serum. Ditambah lagi saat malam, kulit akan memasuki masa istirahat saat tidur sehingga bisa menyerap formula serum dengan lebih baik dan tidak terhalang oleh kosmetik pada wajah.


source: https://www.lorealparisusa.com/
  • Vitamin C pada Pagi Hari
Anggapan lainnya menyarankan untuk menggunakan vitamin C pada pagi hari sebagai pelengkap rutinitas skincare morning. Hal ini didasari alasan bahwa vitamin C mengandung sifat fotoprotektif yang dapat melindungi kulit wajah dari efek radikal bebas. Selain itu menggunakan serum vitamin C di pagi hari dianggap dapat mempercantik kulit wajah dan hasil makeup.


source: https://rougebeauty.co.za/
  • Kesimpulan
Lalu yang mana ya waktu terbaik untuk menggunakan serum vitamin C? Sepertinya dua pendapat diatas memiliki alasan-alasan yang masuk akal juga.

Sebenarnya ladies, menggunakan serum vitamin C tidak terbatas pada aturan kapan menggunakannya. Melainkan ada hal yang lebih penting yaitu, apa isi yang ada didalam botol serum vitamin C yang kamu punya?

Beberapa serum vitamin C diformulasikan untuk penggunaan malam hari dan beberapa yang lain memang ditujukan untuk penggunaan siang hari. Yang penting kamu mengetahui apakah serum vitamin C yang kamu punya itu fotoprotektif atau fotooksidatif?


source: https://www.purewow.com/

Fotoprotektif berarti serum vitamin C mu bisa digunakan sehari-hari karena mengandung zat-zat diformulasikan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Namun, bila serum vitamin C mu fotooksidatif berarti malam hari adalah saat terbaik untuk menggunakannya karena bila digunakan pada pagi hari vitamin C justru akan teroksidasi dan kehilangan manfaat.

Nah, jadi mulai sekarang kamu bisa memilih dengan bijak kapan waktu terbaik untuk menggunakan serum vitamin C mu. Cara terbaik untuk mengetahui serum vitamin C mu fotooksidatif atau fotoprotektif adalah dengan memperhatikan anjuran pemakaian maupun bertanya pada beauty advisor brand serum tersebut.

Yuk, peroleh manfaat maksimal dari serum vitamin C dengan penggunaan pada waktu yang sesuai.