Stres

Hal ini terdengar sepele, tapi seperti diketahui stres merupakan sumber dari berbagai jenis penyakit, termasuk jadi penyebab rambut rontok berlebihan. Hal ini karena saat stres, sel darah putih beraktivitas menyerang folikel rambut yang membuatnya menghentikan pertumbuhan rambut sampai akhirnya rambut mengalami kerontokan. 

Stres

Kehamilan

Penyebab rambut rontok pada wanita salah satunya adalah karena kehamilan. Diketahui hormon progesteron memang meningkat banyak saat hamil, hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh dan mudah patah. Selain karena faktor hormonal, ibu hamil yang kekurangan mineral dan zat besi juga rentan terkena kerontokan rambut.

Kehamilan
source: https://www.timesnownews.com
baca juga

Kekurangan Gizi

Serangkaian gizi seperti protein, vitamin, asam folat, dan zat besi memang mempengaruhi kerontokan rambut. Diketahui 97% struktur rambut adalah protein, kekurangan protein akan menghambat regenerasi rambut. Adapun vitamin-vitamin seperti vitamin A dan B juga mempengaruhi kesehatan rambut. 

Adapun cara mengatasinya juga terdiri dari beberapa pilihan, yaitu:

Dengan Tonik Daun Jambu

Daun jambu mengandung banyak vitamin B, vitamin C dan zat besi yang ampuh menjada kesehatan rambut. Buatlah tonik sendiri dengan segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan sebagai sentuhan terakhirnya. 

Dengan Tonik Daun Jambu
baca juga

Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menyingkirkan masalah kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. Bahan ini juga menguatkan folikel rambut sehingga rambut baru tumbuh lebih cepat. Lakukan selama satu minggu satu kali.

Dengan Minyak Kelapa

Lidah Buaya

Tumbuhan yang memiliki banyak khasiat ini memang termasuk kedalam tumbuhan sakti yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi rambut rontok. Oleskan lendir lidah buaya pada rambut setelah keramas. Diamkan beberapa saat sampai meresap, lalu bilas dengan air.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya?
Lidah Buaya
source: https://www.medicalnewstoday.com