• Buat List Belanja
Keranjingan belanja online saat ini sudah jadi hal lumrah di masyarakat. Bukan hal aneh bila melihat banyak wanita yang sibuk scrolling layar handphone, berburu barang flash sale atau big deal dengan diskon gila-gilaan. Karakteristik flash sale yang berbatas waktu membuat banyak orang terpikat dan berfikir mumpung lagi diskon besar, ini saatnya beli!

Eits, tapi tunggu dulu ladies. Coba difikir lagi, apakah barang flash sale menarik hati itu memang kamu perlukan? Sebaiknya, buatlah list kebutuhanmu selama sebulan diawal bulan dan jangan tergoda untuk belanja online murah. Buatlah pos-pos pengeluaran untuk hal-hal yang wajib terlebih dulu.


source: https://www.freepik.com/

Seperti, pos iuran yang terdiri dari iuran air, rumah, listrik maupun telpon. Setelah itu buatlah pos hutang bila kamu punya cicilan baik itu kartu kredit maupun hutang pada teman. Bila kedua hal penting diatas sudah terpenuhi, saatnya menentukan berapa budget makan sebulan. Semua ini adalah kebutuhan primer yang bila tidak dipenuhi akan membuat hari-harimu jadi sulit.

Setelah pos-pos pengeluaran primer diatas terpenuhi. Baru deh, sisa dana yang ada kamu bisa gunakan untuk belanja online. Tetap pilih barang-barang yang useful ya. Bila sepertinya barang tersebut tidak berguna sebaiknya jangan dibeli meskipun sedang flash sale. Jangan lupa ya belanja online terpercaya. Ingat, jangan lapar mata! 
  • Manfaatkan Diskon dengan Bijak
Nah, yang kedua adalah trik yang harus dilakukan dengan tenang dan bijak. Biasanya, beberapa online store suka bagi-bagi voucher diskon dengan syarat dan ketentuan tertentu yang membuatmu tergiur kan.



Sebenarnya ini adalah peluang emas bila kamu bisa mensiasatinya dengan cerdik. Coba deh lihat lagi listmu, barang-barang apa yang sedang kamu perlukan. Bila kamu sedang membutuhkan celana panjang maka menggunakan voucher diskon pada pembelanjaanmu akan sangat membantu menghemat pengeluaran.

Bila ternyata tidak ada kebutuhan khusus, sedangkan yang sedang diskon adalah barang groceries atau kebutuhan sehari-hari. Maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli barang diskon tersebut untuk persediaan bulan-bulan berikutnya. Semacam investasi kecil-kecilan untuk menghemat pengeluaran dibulan depan ladies.
  • Berlangganan Newsletter
Pilihlah beberapa online store terpercaya yang memiliki kualitas baik dan harga sesuai. Kemudian daftarkan emailmu untuk berlangganan newsletter. Apa sih manfaatnya? Bukannya malah jadi spam?


source: https://www.freepik.com/

Tujuannya adalah supaya kamu bisa memperoleh info terupdate dengan cepat tentang barang-barang yang sedang diskon atau kapan flash sale berlangsung. Tentu hal ini akan membuatmu lebih spesifik menuju satu online store dan berbelanja sesuai tujuan, ketimbang menghabiskan waktu menjelajah internet dan malah salah fokus ke barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Pastikan kamu berlangganan newsletter hanya pada beberapa online store yang terpercaya dan memang bermanfaat saja. Nilailah kualitas barang yang dijual, testimoni pelanggan lain dan pelayanan prima. Tentunya supaya inbox emailmu tidak penuh dengan penawaran-penawaran yang malah membuatmu merasa jengkel kalau lagi cari email penting. 

Nah, itu dia tips-tips belanja online yang bisa membuatmu belanja online tanpa rasa takut. Cari juga online shop yang hadirkan belanja online gratis ongkir. Mumpung masih awal tahun, yuk mulai hidup hemat sebagai resolusi baru. Be wise and smart buyer.