Cape, Detail Desain Baju Pesta yang Makin Bervariasi


source: Instagram/thepotomoto
source: Instagram/bennbagoes
source: Instagram/laksmiislamicbride

Dress dengan detail cape masih disukai banyak pengantin tanah air. Namun kini desain bajunya jauh lebih kreatif, tidak melulu round cape yang cenderung simple. Misalnya cape baju pengantin Indah Nada Puspita yang membentuk siluet tirai. Sementara yang lain, menggunakan tambahan detail kerah yang bisa dihias dengan kalung manik-manik. Lainnya lagi membuat cape yang sampai menjuntai ke belakang seperti jubah.


Siluet Sabrina Dress


source: Instagram/qonitagholib_bride
source: Instagram/qonitagholib_bride
source: Instagram/maulidiaeka

Sabrina dress memang tidak bisa dipakai muslimah berhijab karena memperlihatkan bagian pundak. Namun demikian, para desainer kita tidak kehilangan akal. Baju pengantin itu didesain dengan siluet sabrina dress. Terdapat detail manis yang melingkari bagian dada dan lengan untuk menambah kesan elegan pada pengantin.

baca juga

Statement Sleeve


source: Instagram/rikawirtjes
source: Instagram/rosalinadesy21
source: Instagram/fotografevim

Mulai dari lengan bersiluet balon yang menggelembung, siluet lonceng nan lebar, sampai kerutan besar dan rumbai yang memesona, gaya lengan baju pengantin yang ini memberi kesan yang megah bak putri-putri kerajaan. Tengok baju pengantin Lindswell Kwok rancangan dari Rika Wirtjes, lengannya berbentuk bishop, licin di bagian bahu dan menggelembung di bagian bawah. Kesannya klasik dan sekilas mengingatkan kita pada Putri Jasmine dari Kerajaan Agrabah.


Tier Skirt


source: Instagram/rianfita_makeup
source: Instagram/harvestdecoration
source: Instagram/summeralbarcha

Desain yang ini menonjolkan bentuk rok yang bertumpuk-tumpuk atau bertingkat, memberi kesan yang megah dan mewah.

baca juga

Dress in Black


source: Instagram/nengmahmuroh
source: Instagram/nicophotography90
source: Instagram/kineconic.couture

Gaun pengantin warna hitam? Jauh sebelum tren baju pengantin warna hitam menyita perhatian kalangan pengantin internasional, masyarakat adat Jawa lumrah menggunakannya pada upacara pernikahan. Kini pengantin muslim adat Jawa membuatnya dalam desain yang lebih santun jadi ramah bagi pengantin muslimah. Kesannya pun tetap anggun. Sementara itu, baju pengantin adat Minang, yang selama ini kebanyakan berwarna merah atau gold, juga indah dibuat dalam warna hitam yang elegan. Jadi, tampaknya baju adat manapun bisa disesuaikan dalam warna gelap ini. Kamu tertarik,ladies?


Peplum


source: Instagram/mahabbahasyila
source: Instagram/radenannisabrides
source: Instagram/nononesss

Detail peplum ini kebanyakan diterapkan pada gaun bersiluet mermaid, tapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada siluet ball gown. Kesan dari desain baju seperti ini jadi lebih feminin.


Fairytale Ball Gown


source: Instagram/azzamphoto
source: Instagram/serhanhennaart_bandung
source: Instagram/byayudyahandari

Ball gown ala Disney Princess ini banyak disukai karena seakan mengabulkan impian banyak wanita masa kecil dulu, menjadi putri dari kerajaan negeri dongeng yang melegenda. Desainnya pun bisa mendapat modifikasi yang beragam, lalu paling ikonik ketika disempurnakan dengan pemakaian mahkota di atas kepala.


Simple Syar'i


source: Instagram/lalalandhusna
source: Instagram/muslimahexclusive
source: Instagram/pengantin_muslim

Meskipun tidak banyak detail yang ditonjolkan, namun baju pengantin syar'i ini tetap elegan dipakai saat pesta. Anti ribet, biasanya gaun dibuat dalam desain A-line dengan pemakaian kerudung yang menjulur sampai ke dada dan mendapat tambahan tudung transparan.


Hijab Do


source: Instagram/rifka_martha
source: Instagram/tias.abita23
source: Instagram/pengantin_muslim

Gaya kerudung pengantin juga jadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Banyak pengantin muslim yang sekarang memakai kerudung gaya ini di hari pernikahannya. Tampak seperti gaya sorban yang dipakai laki-laki Arab, namun dipermanis dengan manik-manik dan payet yang khas pengantin perempuan.Cantik banget!