Infeksi Parasit

Memiliki nama lain trikomoniasis, keputihan jenis ini adalah penyakit menular seksual yang disebabkan parasit. Cirinya cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, bertekstur kental, memiliki bau yang tak sedap bahkan sampai berbusa. 

Infeksi Parasit
source: https://timesofindia.indiatimes.com

Iritasi Bahan Kimia

Kalau kamu menggunakan sabun secara berlebihan, kamu akan merasakan perih dan menimbulkan keputihan yang tidak normal. Miss V kamu akan terasa gatal, terbakar, nyeri bahkan sampai kemerahan. Cara mengatasinya cukup mudah, gunakan air hangat dan sabun yang tak mengandung bahan kimi untuk membesihkan Miss V mu ya.

baca juga

Infeksi Jamur

Saat Miss V mu terasa panas, gatal, iritasi, bengkak dan terasa sakit saat buang air kecil dan berhubungan seksual, bisa jadi kamu terkena keputihan karena infeksi jamur. Cairan keputihannya biasanya berwarna putih kekuningan dan berbentuk seperti gumpalan kepala susu.

Infeksi Jamur
source: https://www.buoyhealth.com

Infeksi Bakteri

Selian itu ada juga keputihan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Keputihannya berwarma keabu-abuan, memiliki tekstur yang encer, berbau amis tapi tidak berbusa. Bau amis ini biasanya jadi semakin menusuk setelah berhubungan seksual dan membuat bau darah menstruasimu jadi tak normal. Selain itu keputihan jenis ini menyebabkan Miss V terasa gatal, kemerahan seperti terbakar dan bengkak.
 

baca juga

Tanda-Tanda Kanker

Pada dasarnya, dari semua jenis keputihan di atas penyebab utamanya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun, kamu wajib waspada jika mengalami warna keputihan coklat dan terdapat bercak darah yang juga berbau, sebab ini bisa jadi merupakan indikasi kanker serviks dan rahim.

Sebaiknya kalau kamu sudah mengalami 5 jenis keputihan tadi, segera periksakan ke dokter sebelum menjadi lebih parah ya, Ladies!

Tanda-Tanda Kanker
source: https://www.medicalnewstoday.com