Dewasa ini, semakin bermunculan para vlogger baru yang tak kenal usia. Ada yang masih anak-anak, remaja, dewasa, hingga mereka yang seusia ayah dan ibumu! Meskipun isi konten mereka banyak yang serupa tapi tak sama, nyatanya, para vlogger ini tetap menemukan dan mempunyai massanya tersendiri, kok.

Misalnya saja, Sarah Ayu dan Kiara Leswara, keduanya sangat piawai dalam urusan memoles makeup di wajah. Akan tetapi, biasanya Sarah Ayu memiliki penggemar yang memiliki kulit medium, sesuai dengan kulit Sarah yang cenderung medium. Sehingga Sarah Ayu mampu membimbing para penggemar untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara makeup yang tepat bagi wanita berkulit medium.

Begitupula dengan Kiara Leswara, kebanyakan massanya adalah mereka yang memiliki kulit cerah seperti Kiara. Tapi, bukan berarti semua penggemarnya adalah berbasis warna kulit yang sama, ya. Bisa juga berkebalikan, biasanya sih, tergantung juga dengan keunikan suatu video atau karakter si vlogger dalam mengemas vlognya. Untuk kamu yang ingin menjadi beauty vlogger seperti Sarah dan Kiara, yuk, ikuti lima langkah menjadi beauty vlogger yang berpengaruh berikut ini.

1. Persiapkan Konten yang Berkarakter

1. Persiapkan Konten yang Berkarakter
source: https://unsplash.com

Vlog adalah akronim dari video blog yang artinya sebuah video yang berisi satu atau beberapa konten untuk dinikmati seperti blog. Jadi, hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menentukan konten seperti apa yang ingin kamu usung. Misalnya saja, kamu ingin menjadi beauty vlogger yang mengulas produk kecantikan saja, atau tutorial makeup saja, maupun kombinasi dari keduanya.

Bahkan, kamu juga bisa menambahkan konten lain, seperti keseharian, do it yourself, opini tentang suatu produk dengan mendatangkan bintang tamu, dan lain sebagainya. Asalkan, konten-konten yang kamu buat tetap sejalan dengan topik utama yang sudah kamu tentukan. Dengan kata lain, kamu harus memiliki konten yang berkarakter, agar orang yang melihatnya enggak mudah merasa bosan dan membandingkanmu dengan vlogger yang lain.

baca juga

2. Sediakan Kamera yang Sesuai dan Berkualitas Baik

2. Sediakan Kamera yang Sesuai dan Berkualitas Baik
source: https://unsplash.com

Memang, tak sedikit vlog Indonesia yang menggunakan kamera smartphone untuk merekam kegiatan para vlogger sebelum diunggah ke Youtube. Akan tetapi, jika kamu memang serius ingin terjun menjadi beauty vlogger, menabunglah untuk membeli kamera dengan kualitas yang lebih baik dari sekadar kamera smartphone.

Untuk percobaan, kamu boleh-boleh saja menggunakan kamera smartphone untuk vlog pertamamu. Namun, kamu perlu memikirkan untuk menyiapkan kamera yang bagus kualitasnya khususnya untuk video. Nah, jika kamu sudah menjadi profesional, kamu bisa menggunakan kamera sesuai kebutuhanmu. Misalnya, kamera yang bagus untuk merekam video jalan-jalan atau stay di tempat.

3. Tentukan Background untuk Vlog yang Kamu Buat

3. Tentukan Background untuk Vlog yang Kamu Buat
source: https://unsplash.com

Penting untukmu yang ingin menjadi beauty vlogger menentukan background video yang kamu buat. Kamu bisa menyiapkan satu spot khusus dengan background tembok kamarmu, atau menggunakan kain yang berkilau bernama sequin. Bisa juga agar terkesan lebih natural, kamu gunakan background suasana kamarmu yang bersih dan mengatur perlengkapan makeup yang kamu punya di satu sudut yang disusun rapi. Namun, jika kamu membuat konten vlog di suatu tempat selain di kamar, kamu juga perlu mempertimbangkan background yang tidak mengganggu konsentrasi penonton vlogmu.

baca juga

4. Jujurlah Ketika Berpendapat

4. Jujurlah Ketika Berpendapat
source: https://unsplash.com

Memberikan review jujur adalah suatu keharusan. Jangan sampai kamu hanya berfokus agar mendapatkan free gift dari brand produk kecantikan yang sedang kamu ulas produknya, sehingga kamu memberikan pendapat yang enggak jujur dan terkesan berat sebelah. Kalau menurutmu suatu produk itu enggak bagus formulanya, ya kamu harus jujur, bukannya malah menipu para penontonmu dengan mengatakan bahwa formula produk yang kamu ulas itu baik. Ketika kamu jujur dalam berpendapat, kamu akan mendapatkan kepercayaan tersendiri dari para viewers vlogmu, Ladies!

5. Be Different!

5. Be Different!
source: https://unsplash.com

Jadilah video blogger yang berkarakter dan berbeda dengan vlogger lainnya. Seperti halnya beberapa vlogger yang termasuk dalam daftar vlogger Indonesia yang berkarakter unik. Contohnya saja, Suhay Salim yang senang berbicara ceplas-ceplos dan enggak dibuat-buat. Atau seperti juga Cindercella yang kerap membuat makeup karakter yang unik dan cocok untuk menghadiri acara kostum seperti peringatan halloween. Dengan memiliki karakter yang berbeda, para viewers pastinya akan mudah mengenalimu dan mengingat karyamu!

So, sudah siap menjadi beauty vlogger yang keren abis?




(Editor/Rizki Astuti)