Penyebab Kulit Belang

Warna kulit yang belang alias tidak merata terjadi karena beberapa hal, seperti hiperpigmentasi yaitu kurangnya menjaga kulit dari polusi, debu, dan kotoran, semua itu terjadi karena kamu tidak memakai perawatan seperti lotion tabir surya atau pelindung dari sinar matahari, dan tidak menjaga kelembapan kulit dengan optimal. Meratakan warna kulit memang tidak bisa dalam waktu singkat, tapi kamu bisa mencoba beberapa bahan alami yang telah terbukti bisa mengangkat sel kulit kusam sekaligus bisa mencerahkannya. Langsung aja yuk kita simak beberapa bahan alami apa saja yang bisa kamu pakai sebagai masker atau scrub untuk mengembalikan area warna kulit yang gak banget.

Penyebab Kulit Belang

Perawatan Bengkoang

Bengkoang sudah dipercaya dari zaman dahulu sebagai perawatan untuk kulit. Selain dapat digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, kandungan vitamin C didalamnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan halus secara alami.

Cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat scrub alami dari bengkoang adalah kupas kulit bengkoang dan haluskan dengan cara diblender atau diparut. Peras lalu kemudian ambil sarinya atau airnya dan diamkan semalam untuk mengambil endapan atau saripatinya. Jika sudah mengendap, oleskan sambil di massage endapan tersebut di bagian kulit yang belang secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan bengkoang ini secara rutin untuk mempercepat dalam meratakan kulit yang belang.

Perawatan Bengkoang
baca juga

Perawatan Susu

Untuk perawatan kulit belang selanjutnya, kamu bisa menggunakan susu murni yang mengandung asam laktat, ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan permukaan kulit yang belang dan kusam. Susu juga memiliki khasiat alami untuk memutihkan kulit secara bertahap lho. Sehingga cocok untuk mengembalikan warna kulit kamu yang belang.

Cara penggunaanya sangatlah mudah. Bisa dengan mencelupkan kapas ke susu murni tersebut lalu memoleskannya pada permukaan bagian kulit belangmu. Layaknya penggunaan toner, bersihkan dengan sedikit menekan pada kulit lalu kamu akan melihat akan ada banyak debu atau kotoran yang terangkat melalui kapas tersebut. Jika sudah, diamkan selama 30 menit agar kandungan susu di dalamnya bisa diserap pori-pori kulit. Setelah itu kamu bilas dengan air hingga bersih.

Perawatan Susu

Cara Memutihkan Kulit Tangan Agar Tak Kembali Belang

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku pada perawatan kulit yang bermasalah khususnya kulit belang. Beginilah cara mencegah belang pada kulit akibat aktivitas diluar ruangan :

  • Kurangi kegiatan di luar rumah antara pukul 10 pagi sampai pukul setengah 3 siang, yaitu saat sinar matahari sedang terik teriknya
  • Meskipun cuaca di luar tidak begitu terik usahakan rutin menggunakan lotion tabir surya (sunscreen) . Aplikasikan tabir surya 15 sampai 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan yah ladies!
  • Bila kamu terpaksa harus pergi ke luar saat sinar matahari sedang terik, sebaiknya pakai pelindung seperti payung atau topi. Sesuaikan pakaian yang kamu gunakan supaya kulit lengan dan kaki tidak belang kembali.
  • Pakailah sarung tangan saat mengendarai motor untuk mengurangi paparan sinar matahari pada kulit tangan kamu.


Bahan-bahan perawatan yang baru kita bahas cukup mudah ditemukan di rumah ladies!. Lakukan cara-cara diatas secara rutin yah , agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain dapat mengembalikan warna kulit yang tidak merata, kulit kamu juga akan lebih sehat, kenyal, cerah dan bersih.

Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kulit belan, beberapa cara di atas mampu memutihkan kulit kamu kembali.