Kulit Kering Berjerawat

Kulit Kering Berjerawat

Memiliki kulit kering sekaligus berjerawat, bikin kita harus usaha ekstra untuk membuat kulit jadi tetap lembap tapi jerawat bisa tertutupi dengan baik, berikut cara mengaplikasikan makeup di kulit yang kering dan berjerawat.

1. Pelembap dan sunblock
Sebelum memakai makeup yang wajib kita lakukan adalah mempersiapkan wajah dengan memakai pelembap dan sunblock. Pelembap dapat menghidrasi kulit selama kita memakai makeup. 
2. Primer
Banyak orang yang menganggap primer hanya dibutuhkan untuk kulit berminyak saja. Padahal kulit kering juga membutuhkan primer. Pilihlah primer yang bisa menghidrasi kulit serta mengecilkan pori-pori supaya riasan lebih tahan lama.
3. Foundation
Pilihlah foundation yang dilengkapi dengan moisturizer supaya kulit enggak gampang kering. Sebaiknya pilih foundation yang full coverage dan lightweight biar enggak terlalu tebal di kulit.
4. Concealer
Gunakan concealer untuk menutupi jerawat tapi pilih yang teksturnya cair supaya enggak kelihatan cakey.
5. Highlighter
Untuk menambah riasan supaya terlihat glowing dan dewy, aplikasikan liquid highlighter di area tulang pipi, batang hidung dan di atas bibir.
6. Setting spray
Setelah semua riasan selesai, akhiri dengan menyemprotkan setting spray supaya makeup jadi tahan lama. Pilih dewy setting spray supaya hasil makeup terlihat lebih glowing.

Kulit Kering Bersisik

Kulit Kering Bersisik

Kulit kering yang bersisik dan mengelupas membuat tekstur wajah kelihatan enggak rata. Kalau sudah mengelupas seperti itu, coba gunakan teknik makeup berikut ini.
1. Exfoliating
Pertama-tama kita harus mengeksfoliasi wajah terlebih dahulu, bisa menggunakan facial scrub atau toner. Ini berfungsi untuk membuat lapisan kulit jadi lebih halus dan makeup jadi mudah untuk diaplikasikan.
2. Pelembap
Wajib menggunakan pelempab karena kulit yang sudah dieksfoliasi biasanya akan lebih kering.

baca juga

Kulit Kering Mengelupas

Kulit Kering Mengelupas

3. Hydrating Primer
Pakai pelembap saja enggak cukup, kita perlu menggunakan primer supaya wajah lebih lembap dan tahan lama.
4. Foundation
Sebaiknya gunakan foundation yang banyak kandungan moisturizernya. Kita juga bisa menggantinya dengan tinted moisturizer atau dengan cushion foundation. Lalu sebaiknya gunakan aplikator seperti brush atau sponge supaya hasilnya lebih bagus dan merata.
5. Setting Spray
Pilih setting spray yang mengandung rose water atau aloe vera untuk menyejukkan kulit yang mengelupas.