Batik Indonesia

Indonesia, diberbagai daerah memiliki khas batiknya masing-masing. Motif yang ragam menggambarkan ciri khas daerahnya, dan meniliki histori tersendiri. Kini, penggunaan batik bisa kita lakukan di acara semi dormal dan acara kasual. Bahkan kain batik sendiri semakin dinikmati dan dikagumi oleh semua kalangan usia. Maka, pihak UNESCO menetapkannya sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), dan setiap tanggal 2 Oktober kita memperingati hari Batik! Di Internasional, Batik berhasil diakui sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh mantan presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ragam corak dan warna batik sendiri menjadi daya tariknya. Awal mulanya, batik memiliki cotak dan warna yang terbatas. Bahkan beberapa corak hanya dikenakan oleh kalangan tertentu. Seperti warna cerah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang memperkenalkan dengan corak pnoenix. Lalu, bangsa jajahan Eropa juga berniat pada batik. Alhasil, corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal dan benda yang di bawa oleh penjajahan, rermasuk warna kesukaan.

Batik Indonesia

Batik ala Marsha Timothy

Karena saat ini batik bisa dikenakan di berbagai acara. Termasuk dalam acara pergelaran FFI 2018. Di mana para artis tampil semenarik mungkin. Tak banyak juga artis tampil dengan gaya fesyen batik. Seperti beberapa artis yakni Marsha Timothy.

Ia meraih penghargaan sebagai pemeran utama wanit terbaik yang tampil wah juga saat di FFI 2018. Ia mengenakan konsep tradisional, tampil dengan anggun dengan gaun bercorak batik. Serta outer hitam dengan detail payet bunga emas. Terlihat cantik bukan?

Batik ala Marsha Timothy
baca juga

Batik ala Nazira C. Noer

Tak hanya Marsha Timothy, ada juga artis cantik Nazira C. Noer yang mengenakan kain batik sebagai gaun panjang. Dengan memilih model gaun kemben bermotif batik, membuatnya terlihat cantik dan elegan.

Batik ala Nazira C. Noer

Bagaimana menurut kalian? Batik Indonesia yang mendunia ini, siapa saja saat ini bisa mengenakannya. Ragam corak dan model batik pun terlihat cantik dan indah dan dapat kita kombinasikan dengan bahan lainnya.