Bubuk Kulit Jeruk


Jangan buang kulit jeruk lagi ladies! Ternyata bukan hanya buah jeruknya saja yang mengandung banyak vitamin. Tapi kulitnya juga punya manfaat untuk kecantikan lho. Kulit jeruk memiliki banyak vitamin untuk mencerahkan wajah dan mengurangi bekas jerawat maupun hiperpigmentasi kulit. Pertama-tama kamu harus membuat kulit jeruk menjadi bentuk bubuk lebih dulu agar mudah diaplikasikan sebagai masker pada wajah.


source: http://www.ba-bamail.com/
  • Pilihlah jeruk organik dan berkualitas baik. Jeruk yang berwarna orange cerah biasanya memiliki tingkat vitamin C yang tinggi.
  • Kemudian cuci bersih buah jeruk dan keringkan dengan tissue
  • Lalu kupaslah kulit buah jeruk dengan pisau atau pengupas buah. Ambil hanya bagian kulit luar yang berwarna orange saja, bagian yang putih tidak perlu diambil.
  • Selanjutnya keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari sampai tidak mengandung air. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 2-3 hari tergantung tingkat terik matahari.
  • Bila kulit jeruk sudah kering sempurna kamu bisa menghaluskannya dengan food processor. Tara, bubuk kulit jeruk sudah jadi.

Untuk menggunakan bubuk kulit jeruk sebagai cara menghaluskan wajah bekas jerawat. Kamu tinggal mencampurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk dan satu sendok makan madu dalam mangkuk plastik sampai menjadi adonan pasta. Kemudian oleskan pada bekas jerawat, diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

Cuka Apel


Cuka apel atau lebih sering disebut apple cider vinegar adalah jenis cuka yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Cuka apel dapat digunakan untuk menghaluskan wajah bekas jerawat. Kandungan antimikroba dalam cuka apel dapat mengurangi peradangan jerawat maupun memudarkan bekasnya. Namun, menggunakan cuka apel mungkin dapat membuat kulit wajah menjadi kering, karena itu kamu harus rajin menggunakan moisturaizer untuk menjaga kelembapan kulit.


source: https://draxe.com/

Campurkan satu sendok teh cuka apel dengan dua sendok teh madu. Lalu aplikasikan pada wajah dengan kapas. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Gunakan masker ini satu hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Air Mawar
Bahan alami ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menghaluskan wajah bekas jerawat adalah air mawar. Air mawar dapat membantu regenerasi sel-sel kulit lebih cepat sehingga dapat menghaluskan bekas jerawat yang tidak rata. Kamu bisa menggunakan air mawar yang dijual ditoko-toko kosmetik dengan berbagai merk. Caranya juga sangat mudah, cukup rendam kapas dalam air mawar dan oleskan pada wajah. Biarkan menyerap pada wajah dan tidak perlu dibilas. Gunakan air mawar dua kali sehari untuk memperoleh hasil maksimal.


source: https://www.medicalnewstoday.com/

Madu


Madu merupakan antiseptik dan anti inflamasi yang baik untuk menghaluskan kembali wajah yang rusak akibat bekas jerawat. Selain itu madu juga mengandung moisturaizer tinggi yang dapat melembapkan wajah dan mempercepat pemulihan kulit yang rusak. Cara menghaluskan wajah dengan madu, campurkan satu sendok madu dengan sedikit perasan air jeruk lemon dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. 


source: http://home.bt.com/

Oatmeal
Nah, yang terakhir ada oatmeal yang bisa kamu manfaatkan untuk menghaluskan wajah bekas jerawat. Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih pada wajah, mengeksfoliasi kuit serta menghaluskan bekas jerawat. Caranya, campurkan satu sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh madu dan sedikit perasan air lemon. Aduk sampai membentuk adonan pasta lalu aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan selama 20-30 menit kemudkan bilas hingga bersih.


source: https://www.healthline.com/

Itu dia bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghaluskan wajah bekas jerawat ladies. Bagaimana, mudah didapat dan murah meriah bukan? Yuk, haluskan kembali kulit wajah bekas jerawat dengan bahan alami.