1. Cuci Muka Secara Rutin

Perawatan paling dasar ini adalah tahap paling pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencerahkan wajah kusam. Biasakan untuk mencuci muka minimal dua kali sehari pada waktu pagi sebelum beraktifitas dan malam hari sebelum tidur. Kamu juga bisa memilih sabun pembersih yang berlabel brightening atau whitening untuk mendapatkan wajah cerah yang maksimal.

1. Cuci Muka Secara Rutin
source: https://www.thelist.com

2. Eksfoliasi

Kalau sudah cuci muka secara rutin tapi kulit masih saja terlihat kusam, tandanya masih ada sel-sel kulit mata yang tidak terangkat oleh sabun pembersih. Cara paling tepat untuk mengangkatnya adalah dengan mengeksfoliasinya dengan scrub. Selain itu, scrub juga berguna untuk melembutkan dan menghaluskan kulit lho!

baca juga

3. Pelembab dan Serum

Kulit yang kusam memang biasany perlu kelembapan ekstra. Oleh karena itu kamu wajib menggunakan pelembab untuk kulit mu ini. Pilih juga pelembab yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan agar wajah kusam mu cepat hilang. Selain itu, kamu pun perlu melengkapi perawatannya dengan serum dengan kandungan vitamin C yang memiliki formula lebih kuat untuk mencerahkan wajah kusam mu. 
 

3. Pelembab dan Serum
source: https://www.dailymail.co.uk

4. Memakai Masker

Salah satu kegunaan pemakaian masker adalah meningkatkan tone kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Dari sekian banyak produk masker yang beredar di pasaran, pilih yang memiliki kandungan alami agar tak memberikan efek samping pada kulitmu. Gunakan sebanyak dua kali satu minggu ya, Ladies!
 

baca juga

5. Gunakan Sunscreen

Nah kalau semuanya sudah dilakukan dan wajah cerah sudah didapatkan, kamu wajib menjaganya agar tak kembali kusam dengan cara rutin menggunakan sunscreen. Seperti diketahui matahari memiliki banyak dampak buruk jika kita terpapar terlalu di bawahnya. Oleh karena itu pakailah sunscreen pada wajah juga leher sebelum memulai aktivitas di luar ruangan ya, Ladies!

5. Gunakan Sunscreen
source: https://www.health.harvard.edu





(Editor/Rizki Astuti)