1. Sejarah Kebudayaan China

Menurut banyak literatur, terbentuknya motif megamendung turut dipengaruhi kebudayaan China yang masuk pada abad ke-16. Saat itu Sunan Gunung Jati yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat menikahi putri China bernama Ong Tien dan membuat penyebaran kebudayaan dan akulturasi China sampai ke Cirebon. Pernikahan inilah yang membuat pengrajin batik pada masa itu turut memberikan sentuhan kebudayaan China pada batik yang dibuatnya. Kini, batik mega mendung berasal dari Cirebon dikenal dengan baik.

1. Sejarah Kebudayaan China
source: https://batikcirebonan.jejualan.com

2. Memiliki Makna Mendalam

Memang setiap motif batik memiliki makna dan keunikannya tersendiri, termasuk batik megamendung. Disebut-sebut motif megamendung membawa pesan bagi si pemakainya untuk mampu meredam amarah dalam konsisi apapun atau disebut juga si pemakainya harus tetap 'adem' dalam menghadapi berbagai situasi seperti awan yang muncul saat langit sedang mendung.

Berdasarkan warnanya, batik mega mendung biru dan batik mega mendung merah melambangkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas, terbuka dan egaliter. Untuk warna biru sendiri biasa diartikan sebagai warna langit luas si pembawa hujan yang menyuburkan kehidupan di dunia ini.

2. Memiliki Makna Mendalam
source: http://workshopbatikcirebon.blogspot.com
baca juga

3. Dikenal Sampai Mancanegara

Keunikan motifnya membuat mega mendung Cirebon menjadi motif batik yang bukan hanya dicintai di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Salah satu yang paling terkenal adalah saat perancang busana asal Inggris bernama Julien Macdonald mengadaptasi motif megamendung pada koleksi Spring 2012 miliknya yang bertema perjalanan menuju Asia.

3. Dikenal Sampai Mancanegara
source: https://wwd.com

4. Menjadi Favorit Public Figure

Apa saja yang dipakai public figure pasti menjadi sorotan dan menarik orang lain untuk turut menyukainya, termasuk batik megamendung ini. Sering dipakai di berbagai kesempatan, salah satu pemakai cantik dari batik megamendung ini adalah Syahnaz adik dari presenter kondang Raffi Ahmad. Ia dan pasangannya Ritchie Ismail kompak menggunakan konsep pre-wedding dengan batik mega mendung biru pada busana yang mereka kenakan.

4. Menjadi Favorit Public Figure
source: https://www.instagram.com/dierabachir/