Gatal pada Miss V memang memiliki penyebab yang beragam, ada yang disebabkan karena kesalahan saat mencukur, penyakit kelamin, menopause dll. Tapi pada Miss V gatal setelah haid, ternyata penyebabnya adalah infeksi jamur. Infeksi ini terhadi karena adanya pertumbuhan jamur di area Miss V. 

Ciri-ciri yang dirasakan saat kamu terkena infeksi adalah vagina terasa gatal, keluar cairan putih dan kental seperti bubur, terasa perih saat buang air kecil atau berhubungan seks dan yang paling parah adalah saat kamu merasakan bibir vaginamu membengkak.

Infeksi ini bisa terjadi oleh beberapa sebab seperti pakaian dalam, pembalut, Yeast Infection atau Vaginosis Bakterialis.

Pakaian Dalam

Biasakan untuk memilih pakaian dalam berbahan katu, terutama saat haid datang. Material pakaian dalam yang biasanya memicu gatalnya Miss V adalah yang berbahan fiber sintetis. Model yang terlalu ketat juga biasanya membuat Miss V menjadi gatal setelah haid usai.

Pakaian  Dalam
source: http://www.personalcollection.com.ph
baca juga

Pembalut

Saat haid pastikan kamu mengganti pembalut 4-6 jam dalam sehari. Jika memakainya terlalu lama, tingkat kelembapan pada Miss V jadi meningkat dan bakteri menemukan tempat ternyamannya untuk bersarang. Bakteri inilah yang menjadi penyebab gatal pada Miss V setelah haid selesai.
 

Pembalut
source: https://www.alibaba.com

Yeast Infection

Yeast Infection atau infeksi ragi pada vagina. Sebenarnya ragi atau jamur merupakan hal yang wajar jika ada pada vagina, tapi kalau jumlahnya berlebihan, inilah yang akan membuat Miss V terasa gatal. Biasa disebabkan oleh antibiotik, kondisi kekebalan tubuh atau diabetes. Cara mengatasi rasa gatal karena jamur ini adalah menggunakan krim anti jamur atau suppositoria.

Yeast Infection
source: https://ehowremedies.com
baca juga

Vaginosis Bakterialis

Sama seperti Yeast Infection, Vaginosis Bakterialis juga membahas soal ketidakseimbangan, tapi kali ini soal jumlah bakteri. Vaginosis Bakterialis terjadi saat keseimbangan bakteri baik pada Miss V mengalami gangguan.

Vaginosis Bakterialis
source: https://onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Penderitanya biasanya akan mengalami infeksi karena kekurangan bakteri baik pada Miss V. Biasanya Vaginosis Bakterialis bisa dihilangkan tanpa pengobatan tapi untuk kasus gatal yang parah harus mengonsumsi obat dari konsultasi dokter.