1. Tidak Memperhatikan Kebersihan Wajah

Mencuci muka sebenarnya merupakan perawatan wajah paling mudah, tapi masih saja banyak orang yang menyepelekannya. Apalagi untuk kamu yang sering menggunakan makeup, seharusnya mencuci muka merupakan langkah yang wajib dilakukan sebelum tidur. Ini karena wajah yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran-kotoran jahat menumpuk pada permukaan wajah dan mengakibatkan munculnya jerawat. 

Untuk kamu yang sehari-hari naik ojek juga wajib membersihkan wajah setelahnya, karena helm yang digunakan biasanya tidak bersih dan siap mengotori kulit mu sehingga menjadi penyebab jerawat pasir di dahi muncul.
 

1. Tidak Memperhatikan Kebersihan Wajah
source: https://www.newbeauty.com

2. Hormon

Minyak pada wajah memang bisa memicu munculnya jerawat. Hormon testosteron yang terdapat pada tubuh mu akan bereaksi aktif saat menstruasi. Hormon inilah yang akan menghasilkan minyak berlebih dan menjadi penyebab jerawat pasir di pipi.

baca juga

3. Memakai Produk yang Salah

Meski menggunakan banyak produk pada wajah, kamu akan tetap terhindar dari jerawat pasir, asalkan semua produk yang kamu pakai sudah sesuai dengan kondisi kulitmu. Produk ini meliputi skincare maupun makeup. Jika jerawat pasir muncul setelah kamu mencoba produk baru pada wajah mu, bisa dipastikan kamu memang tidak cocok dengan produk tersebut.
 

3. Memakai Produk yang Salah
source: https://www.glamour.com

4. Makanan

Deretan makanan menjadi penyebab munculnya jerawat pasir adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah seperti makanan berminyak, kacang-kacangan juga makanan dari olahan susu. Meningkatnya gula darah akan menyebabkan insulin dalam tubuh meningkat. Insulin inilah yang akan membuat wajah memproduksi banyak minyak yang akan menjadi penyebab jerawat pasir di pipi dan di dahi.

baca juga

5. Stres

Sudah tak mengherankan bahwa stres merupakan sumber dari berbagai masalah kesehatan pada tubuh, termasuk juga jerawat pasir. Meskipun belum ada studi ilmiah yang menunjukkan keterkaitannya dengan jerawat pasir, tapi seperti diketahui stres mengundang banyak perilaku buruk lainnya seperti malas membersihkan wajah, merokok, mengonsumsi makanan yang tidak sehat sampai mengonsumsi alkohol. Deretan perilaku buruk inilah yang memicu munculnya jerawat pasir.

5. Stres
source: https://unsplash.com


(Editor/Rizki Astuti)