Tidak Terdaftar dalam BPOM


source: Twitter/BPOM_RI

Sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk mengeluarkan izin dan pengawasan terhadap obat, makanan, dan kosmetik, BPOM menjadi salah satu tanda aman tidaknya suatu produk. Upayakan sebelum membeli cream pemutih wajah, cek nomor registrasinya di situs resmi BPOM. Atau, kamu bisa unduh aplikasi BPOM di playstore. Jadi, tidak ada alasan susah akses karena semua bisa kamu lakukan dalam genggaman. Di sana, ada beberapa opsi kategori saat melakukan pencarian, seperti nomor registrasi dan merek, jadi kamu bisa pilih mana yang paling mudah bagimu.

Terdapat Kandungan Merkuri di Dalamnya


source: fda.gov

Krim pemutih yang mengandung merkuri atau raksa memang biasanya cepat menampakkan hasil. Hanya dalam waktu satu atau dua minggu saja, kulit sudah terlihat putih dan halus, pori-pori mengecil, dan jerawat pun hilang. Namun demikian, seberapapun kecilnya kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh, berpotensi menjadi racun.

Awalnya mungkin terasa manjur, tapi lama-kelamaan cream pemutih berbahaya di pasaran yang mengandung merkuri lama-kelamaan bisa menyebabkan kulit menghitam. Merkuri inilah yang berisiko pada kanker kulit jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, ladies, kalau krim pemutih yang kamu pakai sekarang hasilnya instan, cek lagi kandungannya ya!

baca juga

Mengandung Hidrokinon


source: skinlightskinbright.com

Ini adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. Hidrokinon populer digunakan sebagai pencerah kulit karena mampu menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit. Namun, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, apalagi dengan dosis yang tinggi, cream pemutih wajah berbahaya menurut BPOM ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada kulit yang terkena sinar matahari langsung.

Bau dan Penampakan yang Tidak Biasa


source: vidaativa.pt

Kalau kamu mencium aroma logam dari cream pemutih wajah, sebaiknya jangan digunakan. Perhatikan pula warnanya, jika kuning atau putih mengkilap, sebaiknya juga jangan digunakan.
Waspadai pula dengan produk-produk palsu yang beredar di pasaran. Cream pemutih abal-abal biasanya lengket karena dicampur dengan bedak dan terasa kasar saat dipakai.

Itu dia beberapa cara mengenali cream pemutih wajah yang berbahaya. Adapun salah satu produk yang aman digunakan yaitu cream pemutih wajah Kaylin Cosmetics. Semua produk Kaylin telah memiliki izin resmi dari BPOM sehingga aman bagi konsumen.