Pada sebagian wanita, ada yang mengalami hal tidak normal dalam siklus menstruasinya. Ada yang jadwal menstruasinya kacau, terlambat menstruasi, hingga waktu menstruasi yang berlangsung lebih lama dari biasanya. Siklus haid setiap kali datang biasanya terjadi selama 3-7 hari,dan datang setiap 28-31 hari sekali. Selebihnya lagi, menstruasi yang datang seringkali dibarengi dengan rasa kram yang tidak nyaman, sakit kepala, hingga mudah lelah dan seluruh badan terasa pegal. Untuk itulah beberapa wanita memerlukan cara mempercepat haid. 

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat

1. Minum air putih yang banyak
Cara melancarkan haid secara alami yang pertama dan paling mudah adalah dengan cara minumlah air putih yang banyak dan secara rutin. Sebaiknya rutin minum satu gelas air putih di pagi hari setelah kamu bangun tidur dan sebelum tidur. Air putih berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kamu dan baik untuk metabolisme tubuh sehingga dengan banyak mengonsumsi air putih tentunya haid kamu dengan sendirinya akan lancar secara alami.

 

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat
source: https://i.ndtvimg.com


2. Hindari Makanan Berlemak
Cara melancarkan haid yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup. Pastikan tubuh kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak yang tidak sehat. Misalnya seperti makanan cepat saji yang kurang baik untuk hormon tubuh.

3. Mengonsumsi kacang-kacangan
Kacang-kacangan bisa menjadi makanan yang baik untuk memperlancar haid kamu. Beberapa penelitian menunjukkan jika kacang memiliki kandungan omega 3 dan lemak yang baik untuk tubuh sehingga dapat melancarkan siklus menstruasi. Kacang juga sumper protein yang sangat penting untuk mencegah anemia lho.

4. Perbanyak Buah-Buahan dan Sayuran
Selain baik untuk perncernaan, buah-buahan dan sayuran segar ternyata juga baik untuk mencegah gangguan yang terjadi pada saat kamumenstruasi. Oleh karena itu ada baiknya kamu selalu menyediakan stok buah dan sayuran di rumah yah.

5. Jauhi Stress
Salah satu cara melancarkan haid yang keluar sedikit  adalah jangan terlalu merasa stress, karena riset membuktikan jika kamu merasa terlalu stress akan membuat siklus menstruasi kamu menjadi tidak lancar. Para ahli membuktikan jika tingkat stress yang terlalu tinggi bisa menyebabkan hormon GnRh atau Gonadotropin Releasing Hormone menurun dan menyebabkan menstruasi tidak lancar. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk menghindari stress ya ladies !

baca juga
Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat
source: https://www.gesundheit.gv.at