Berbagai motif dan warna softlens di masa kini membuat kegunaannya bukan hanya sebagai alat bantu untuk melihat lebih jelas saja, tapi juga sebagai item kecantikan. Untuk kamu yang baru saja mau mencobanya, pilihlah softlens yang sudah memiliki izin dari Kementrian Kesehatan, jangan hanya tergiur pada harga yang murah tapi mempertaruhkan matamu.

Pilih juga diameter yang pas, yaitu yang berukuran sama dengan bola mata atau lebih lebar sedikit. Jangan memilih yang terlalu lebar, karena itu akan menghambat sirkulasi udara yang masuk ke mata, sehingga mata akan mudah kering dan perih.

Untuk memakainya, kamu bisa menggunakan tangan langsung dan capit khusus. Capit khusus ini bisa kamu dapatkan jika membeli boks softlens yang biasa beredar di pasaran.

Biar Enggak Iritasi, Begini Cara Memakai Softlens yang Benar!
source: https://www.aliexpress.com

Yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan tanganmu benar-benar bersih. Pastikan juga kukumu tidak terlalu panjang, karena kuku yang panjang mengandung banyak bakteri juga mudah merobek softlens.

Lalu capit softlens dan guling-gulingkan di wadah yang telah berisi cairan softlens guna membersihkannya. Wadah softlens ini juga biasanya satu paket dengan boks softlens yang sudah kamu beli.

Biar Enggak Iritasi, Begini Cara Memakai Softlens yang Benar!
baca juga

Kemudian secara perlahan letakan softlens yang sudah bersih itu ke ujung jari telunjuk tangan kanan untuk selanjutnya siap diletakkan di bola mata.S etelah itu kamu harus menahan kelopak matamu tetap terbuka dengan telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

Secara perlahan letakan softlens tepat di bola matamu. Jika dirasa menempel, tarik jari telunjuk tangan kananmu jika dirasa sudah benar-benar menempel.

Biar Enggak Iritasi, Begini Cara Memakai Softlens yang Benar!
source: https://www.instagram.com/abellyc/

Selanjutnya kedip-kedipkan matamu untuk benar-benar memastikan bahwa softlens sudah terpasang dengan benar. Softlens yang sudah terpasang dengan tepat, akan tetap menempel di bola mata meskipun mata berkedip-kedip dan melihat ke segala arah.

Jika belum terpasang dengan benar, ambil lagi softlens dengan gerakan mencubit lalu ulang semua tahapan tadi. Kalau dirasa sudah terlalu sering gagal, berikan lagi sedikit cairan softlens untuk membersihkannya. Selamat mencoba ladies!