Dalam memilih cincin pernikahan memang tidak boleh asal-asalan. Setiap pasangan harus memilih berdasarkan keinginan kedua mempelai agar tidak menyesalinya di kemudian hari. Maklum, sama seperti pernikahan, cincin yang merupakan simbol dalam mengikat janji dua sejoli ini pun kalau bisa hanya dipilih sekali seumur hidup. Cincin tersebut haruslah cantik dan sesuai dengan keinginan masing-masing pasangan. 

Salah satu faktor utama dalam memilih cincin pernikahan tentunya adalah bahan yang digunakan dalam cincin tersebut. Entah itu bahan utama, atau bisa juga batu dan hal lain yang menghiasinya. Seperti apa sih tips dalam memilih bahan dasar cincin pernikahan? 

Tentukan Budget

Sebelum memilih bahan dasar untuk cincin pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan, tentukan dulu budget-mu, ya. Hal ini sangat penting agar dapat membantu Anda dan pasangan dalam mempersempit pilihan dan tidak akan membuat kalian kecewa ketika cincin yang kalian inginkan harganya begitu mahal dan tidak terbeli. Lebih baik, tentukan budget dari awal dan kemudian mencari bahan yang tepat sesuai budget kamu dan pasangan. Jangan lupa, masih ada biaya-biaya lain yang perlu kalian pertimbangkan. 

Tentukan Budget
source: https://pixabay.com
baca juga

Memilih Cincin Nikah Emas dan Perak

Bahan paling umum yang digunakan untuk cincin pernikahan adalah emas. Kadar emas yang terkandung di dalamnya akan menentukan harga per gram untuk cincin pernikahan emas tersebut. Kalau budget jelas, kalian pun bisa memilih cincin emas yang kalian inginkan. Bila budget kalian tidak terlalu tinggi, kalian bisa mencoba alternatif lain yaitu bahan platinum, palladium, atau perak. Cincin nikah perak juga keren dan terlihat elegan, kok! 

Selain bahan, tebal cincin juga mempengaruhi harganya. Cincin nikah emas dengan lingkar yang lebih tipis harganya akan lebih murah daripada cincin dengan lingkar yang lebih besar dan tebal. Selain harga, kalian juga perlu mempertimbangkan faktor alergi. Sebab, ada beberapa orang dengan kulit sensitif yang kuat terhadap bahan-bahan logam tertentu dan membuat kulit jadi iritasi. Nggak mau kan, sudah mahal-mahal membeli dan bahkan mendesain cincin dengan bagus, tapi kemudian nggak bisa memakainya karena alergi? 

Memilih Cincin Nikah Emas dan Perak
source: https://pixabay.com

Menggunakan Bahan Tambahan Berupa Berlian atau Batu Mulia

Bila budget kalian cukup besar untuk cincin, mungkin kalian ingin menambahkan berlian di cincin tersebut. Selain bentuknya semakin cantik, hal ini tentunya akan jadi suatu yang semakin berarti untuk kamu dan pasangan.

Cincin pernikahan dengan gaya internasional ini memang disukai banyak orang. Nggak hanya satu, kalian bahkan menambahkan berlian di sekeliling lingkar cincin. Kalau tak suka berlian, kalian bisa menambahkan hiasan atau batu berharga lainnya di cincin kalian seperti mutiara, batu safir dan masih banyak lagi.  

 

Menggunakan Bahan Tambahan Berupa Berlian atau Batu Mulia
source: https://pixabay.com
baca juga

Memperhitungkan biaya-biaya lain


Saat membuat atau memesan cincin pernikahan, kamu tidak berhenti sampai memilih desain dan bahan saja. Kamu dan pasangan juga tidak boleh lupa untuk menghitung biaya-biaya tambahan yang ada seperti biaya grafir, service fee, hingga ongkos kirim. Toko-toko perhiasan atau vendor yang berbeda tentunya memiliki peraturan yang berbeda, jadi jangan malu untuk bertanya dan memastikan segalanya, ya.

Itu dia beberapa tips dalam memilih cincin pernikahan, semoga berguna!