Beberapa Cara Agar Darah Haid Keluar Deras

Panjang haid bervariasi pada setiap wanita dan dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk stres, indeks massa tubuh, dan hormon. Periode rata-rata dapat berlangsung dari dua hingga tujuh hari, meskipun beberapa wanita biasanya memiliki periode yang lebih lama. Banyak wanita juga mengalami pemendekan alami dari siklus mereka seiring bertambahnya usia mereka. Berikut adalah cara agar darah haid keluar deras :

  • Konsumsi Vitamin C
Sejumlah besar vitamin C dapat mengurangi tingkat progesteron. Ini dapat membantu memecah lapisan rahim lebih cepat, yang dapat memperlancar keluarnya darah lebih deras. Pastikan untuk  mengonsumsi dosis yang direkomendasikan. Terlalu banyak menggunakan vitamin C juga dapat menyebabkan efek samping, termasuk sakit perut, diare, dan insomnia
  • Gunakan obat yang dijual bebas
Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk aspirin, naproksen, dan ibuprofen, dapat membantu untuk mengurangi kram dan cairan menstruasi. NSAID membantu mengurangi kelebihan produksi substansi seperti hormon alami yang disebut prostaglandin. Prostaglandin meningkatkan kontraksi otot uterus. NSAID hanya harus diambil sesuai petunjuk. Pastikan untuk mendiskusikan penggunaan NSAID dengan dokter kamu ya, Beautynesian, terutama jika kamu minum obat lain, suplemen herbal, atau teh herbal.
Beberapa Cara Agar Darah Haid Keluar Deras

Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat

  • Lepaskan Tampon

Tampon menghalangi aliran darah menstruasi internal, yang dapat memperpanjang jumlah hari saat menstruasi kamu. Bantalan bekerja dengan menyerap cairan menstruasi setelah meninggalkan tubuh kamu. Menggunakan bantalan secara eksklusif selama menstruasi kamu dapat mempercepat keluarnya darah saat haid.

  • Berolahraga secara teratur
    Mempertahankan rutinitas latihan kardiovaskular tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan menstruasi. Ini dapat mengurangi jumlah hari Anda memiliki periode Anda juga. Berolahraga dapat mengurangi retensi air, yang dapat mengurangi kembung dan mengurangi kram. Bicarakan dengan doktermu tentang rencana latihan terbaik untuk tubuhmu. Olahraga yang berlebihan dapat mengurangi terlalu banyak lemak tubuh, yang dapat menurunkan indeks massa tubuh (BMI) ke kisaran yang tidak sehat. Ini dapat mempengaruhi kesehatan hormonal dan menyebabkan kamu justru tidak memiliki periode sama sekali. Meskipun itu mungkin terdengar baik, itu dapat berdampak negatif pada kesehatan reproduksimu.
Melancarkan Haid Secara Alami dan Cepat
baca juga

Makanan yang Dapat Membantu Mempercepat Haid

Selain cara cara diatas, kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang dapat membantu mempercepat masa haidmu. 
  • Pepaya
Pepaya menginduksi kontraksi pada otot uterus. Hal ini terutama disebabkan oleh kehadiran karoten di dalamnya yang diketahui merangsang hormon estrogen, yang pada gilirannya menyebabkan periode awal
  • Nanas
Nanas menghasilkan panas dalam tubuh, terutama di daerah panggul. Ini menginduksi kontraksi uterus dan pelepasan lapisan rahim, sehingga menyebabkan masa haid datang lebih awal.
  • Kunyit
Kunyit meningkatkan panas dalam rahim dan merupakan emmenagogue, yang berarti bahwa itu membantu merangsang aliran darah ke rahim, sehingga mendorong period dini.
  • Kopi
Kopi mengandung kafein dan memiliki sifat merangsang estrogen. Seperti yang sudah kita ketahui, estrogen membantu dalam mengatur siklus menstruasi dan dengan demikian, peningkatan produksi dapat menyebabkan haid terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.
  • Cuka Apel
Cuka memang tidak bisa secara efektif benar-benar menghentikan haid, namun bisa digunakan untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid. Hal ini dikarenakan sensasi atau rasa asam dari cuka.
Makanan yang Dapat Membantu Mempercepat Haid