Ketika sebuah hubungan berakhir pasti ada rasa sedih dan sakit dalam hati. Apalagi bila hubungan yang terputus sudah berjalan cukup lama. Namun, pernahkah kamu penasaran sebenarnya apa sih arti galau itu sendiri?

Galau adalah sebuah kondisi perasaan yang sedih, kecewa atau tertekan. Keadaan hati yang campur aduk dan tidak bersemangat. Galau disebabkan banyak faktor, memang tidak selalu karena percintaan. Namun, sebagaian besar kegalauan disebabkan patah hati.

Sebenarnya sah-sah saja merasa galau ladies. Tapi bila kegalauanmu sudah membuat aktivitas harian jadi terganggu dan tidak bersemangat, sebaiknya kamu mulai mengatasinya dengan tips-tips berikut ini.

Hentikan Kontak Dengan Dia

Meskipun waktu adalah solusi galau paling ampuh. Namun, sambil menunggu waktu memulihkan keadaan kamu bisa mengambil langkah awal ini. Menghentikan kontak dengannya akan membuat kamu semakin sadar bahwa segalanya sudah berubah. Menjaga hubungan atau tetap berada disekitar mantan pacar justru akan membuat kamu merasa semakin terluka.

Mulailah hari-hari baru tanpa berhubungan dengan dia baik secara langsung maupun melalui media sosial. Bila perlu, blocklah akun-akun yang berhubungan dengan mantan agar kamu lebih cepat memulihkan perasaan.

Hentikan Kontak Dengan Dia
source: https://www.elitedaily.com/
baca juga

Hindari Hal-Hal Yang Memicu Kegalauan

Seperti dilansir dari website Thought Catalog, apa yang kamu fikirkan dapat mempengaruhi perasaanmu. Saat kamu melihat film yang biasa kamu tonton sewaktu kecil dulu, kamu pasti akan teringat bagaimana perasaanmu waktu itu. Psikologi ini juga berlaku saat ini. Semakin kamu mengingat kenangan-kenangan masa lalu, kamu juga sedang memupuk rasa sakit yang ikut terbawa dalam kenangan tersebut.

Hindari Hal-Hal Yang Memicu Kegalauan
source: https://www.evanmarckatz.com/

Sebaiknya berhentilah memikirkan dia dan hentikan kebiasaan yang seringkali memicu kenangan muncul. Seperti tempat-tempat yang sering dikunjungi bersama, hobi yang sering dilakukan berdua maupun makanan favorit saat bersamanya. Bangunlah mental yang kuat dengan membiasakan diri tanpa kehadiran mantan kekasih.

Berdamai Dengan Masa Lalu

Benar atau salah kini tiada berarti.. Lirik lagu berjudul Biarkanlah yang dilantunkan Raisa ini cocok banget menggambarkan tips ketiga untuk mengatasi kegalauanmu ladies. Siapa yang benar dan siapa yang salah bukan lagi hal penting ketika hubungan sudah berakhir.

Maafkanlah apa yang sudah terjadi, meskipun rasanya berat terutama bila kamu merasa kamu adalah korban dalam kisah cintamu. Tapi berdamai dengan masa lalu membuat kamu bisa lebih ringan melangkah menghadapi hari esok. Kamu juga tidak perlu lagi merasa terganggu apabila tiba-tiba bertemu mantan dengan kekasih barunya.

Berdamai Dengan Masa Lalu
source: https://healng.com/
baca juga

Mulai Kegiatan Baru

Salah satu cara efektif untuk melupakan mantan adalah menyibukkan diri dengan kegiatan baru. Seperti berolahraga, memasak, belajar bahasa asing atau menemukan hobi dan bakat terpendam dalam dirimu. Ketika kamu memenuhi fikiranmu dengan mempelajari banyak hal-hal baru kamu bisa menghabiskan waktumu tanpa memikirkan dia. Selain itu kamu juga bisa meningkatkan kemampuan yang bermanfaat dan berkenalan dengan orang-orang baru untuk menyegarkan circle interaksimu. Alihkanlah fikiran pada hal yang sedang kamu pelajari ketika mulai teringat mantan kekasih.

Mulai Kegiatan Baru
source: https://truelovedates.com/

Cintai Diri Sendiri

Tips kelima ini memang terdengar agak egois ya? Tapi, bukan berarti negatif. Ketika sebuah hubungan berakhir dengan berbagai alasan. Mungkin kamu adalah tokoh yang tersakiti dan meninggalkan bekas luka yang mendalam. Trauma mungkin datang dan membuatmu enggan membuka hati untuk cinta yang baru.

Cintai Diri Sendiri
source: https://www.yourtango.com/

Cintailah dirimu sendiri dan sadari bahwa kamu berharga, unik dan menarik. Hanya ada satu dirimu didunia ini. Galau pasti, tapi tinggalkan kata kata galau berat agar hidup menjadi lebih mudah. Apa yang sudah terjadi pada masa lalumu adalah sebuah pelajaran untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan bukan untuk mengasihani diri sendiri. Bila bukan kamu sendiri yang mulai menghargai keberadaanmu. Lalu siapa lagi?

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pemulihan galaumu. Jangan terlalu lama berada dalam zona kesedihan dan bangkitlah untuk mengambil kesempatan bahagia yang tersedia setiap hari. Cheers up!