Mungkin selama ini kita cuma tahu kalau ingin menurunkan berat badan hanya dengan diet dan berolahraga. Diet dan berolahraga yang dilakukan dengan benar memang dapat menurunkan berat badan yang signifikan tapi sering kali setelah kita diet, enggak lama setelah itu tubuh kembali seperti semula. Sementara berolahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi beberapa olahraga enggak bisa langsung menurunkan berat badan tapi tetap membuat tubuh jadi lebih sehat. Nah, sebenarnya ada beberapa cara lain untuk menurunkan berat badan buat kita yang enggak mau diet atau berolahraga, simak caranya berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Sarapan
Banyak orang yang masih melewatkan sarapan. Alasannya karena sarapan bikin kita makan lebih banyak dan jadi gemuk. Itu salah banget! Sarapan malah baik untuk kesehatan dan bisa bikin tubuh jadi proporsional karena kalau enggak sarapan, kita cenderung akan makan lebih banyak di siang hari dan itu enggak bagus buat pencernaan.
Tidur yang cukup
Buat yang masih suka begadang jangan mimpi punya tubuh yang ideal. Kurang tidur enggak cuma merusak kesehatan organ tubuh dan kulit tapi juga bikin kita jadi makin gemuk. Saat begadang biasanya kita akan merasakan kelaparan di malam hari. Padahal kita seharusnya berhenti makan pada malam hari karena kerja pencernaan yang menurun. Selain itu kita cenderung lebih banyak makan dan mengonsumsi makanan manis di malam hari yang malah berbahaya untuk kesehatan.
Mengurangi makanan dan minuman manis
Makanan dan minuman manis lebih sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga akan menumpuk lebih lama dan membuat tubuh jadi lebih gemuk. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makanan dan minuman yang manis.
 

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami
baca juga

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Mengurangi konsumsi soda dan alkohol
Soda dan alkohol mengandung gula yang sangat tinggi sehingga enggak baik untuk pencernaan terutama pada lambung. Jika pencernaan enggak baik, berat badan akan sulit untuk turun dan bikin perut jadi lebih buncit.

Mengonsumsi banyak sayur dan buah
Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang tinggi serat agar mudah dicerna oleh tubuh. Konsumsi minimal satu mangkuk sehari untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari. Jika kita enggak suka mengonsumsinya mentah, kita dapat membuatnya sebagai jus atau smoothie yang mudah dan praktis dikonsumsi. 

Mengganti snack
Mengonsumsi camilan boleh-boleh saja tapi sebaiknya ganti dengan camilan yang lebih sehat seperti yoghurt dan oats.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet


 

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Membersihkan rumah
Penyakit 'mager' alias males gerak emang jadi masalah banyak orang. Makanya banyak yang memilih untuk enggak berolahraga, tapi kita tetap bisa menurunkan berat badan kok. Caranya dengan melakukan aktivitas seperti bersih-bersih rumah. Selain tubuh bergerak dan berkeringat, rumah jadi rapi dan bersih.

Berjalan kaki 
Cobalah untuk tetap berjalan kaki meski hanya di rumah. Cara mengakalinya misalnya dengan enggak menggunakan remote tv jadi kita perlu berjalan setiap mengganti channel yang diinginkan.

Banyak minum air putih
Mungkin cara menurunkan berat badan secara alami ini terdengar klasik, tapi minum air putih bukan hanya 'membersihkan' organ-organ tubuh tapi juga melancarkan pencernaan sehingga berat badan jadi mudah turun. Selain itu ketika banyak minum air putih, maka otomatis akan sering ke kamar kecil jadi mau enggak mau kita terus bergerak seharian dan tanpa terasa berat badan jadi menurun.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga