Bento

Bento merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang berarti bekal makanan berupa lauk pauk praktis dalam kemasan yang bisa dibawa kemana-mana. Menurut sejarahnya, bento memiliki ciri khas yaitu pengaturan jenis lauk dan warnanya yang harus sedap dipandang agar mengundang selera.
source: https://www.hokben.co.id/assets/uploads/menu/cf89e-bs3.jpg

Salah satu restoran yang menyajikan bento tertua di Indonesia adalah Hokben. Sudah mengantongin ijin MUI, seluruh cabang Hokben sudah dilabeli makanan Jepang yang halal untuk dikonsumsi para muslim. Untuk di Jakarta sendiri, Hokben sudah memiliki banyak cabang yang menjamur di pusat perbelanjaan atau bangunan solo.

Gyudon

Dalam bahasa Indonesia Gyudon memiliki arti sapi mangkuk atau lebih populer dengan nama bahasa Inggris nya yaitu beef bowl. Termasuk salah satu jenis Donburi (makanan Jepang berupa nasi dengan lauk di atasnya), gyudon Memiliki sejarah cukup unik. Awalnya makanan yang terdiri dari nasi putih dengan irisan daging tipis di atasnya ini merupakan makann untuk anjing yang terbuat dari daging-daging sisa masakan Gyunabe (daging sapi yang dimasak dengan kecap asin dan gula).

source: https://www.yoshinoya.com/wp-content/themes/original/images/en_top/img_main.jpgMakanan ini baru dipopulerkan sebagai most wanted food oleh restoran Yoshinoya di tahun 1970-an. Masuk Indonesia tahun 1994, kini cabang-cabang Yoshinoya di Jakarta dan seluruh Indonesia sudah memiliki label halal dari MUI.

baca juga

Sushi

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang paling populer di Indonesia bahkan di dunia. Sushi adalah  makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. 


source: https://images.unsplash.com/photo-1511344407683-b1172dce025f?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=b9e6c31dea9271a9973ff52fe9c8ed92&auto=format&fit=crop&w=500&q=60

Dari berbagai restoran yang menyajikan sushi di Jakarta, salah satu restoran yang paling asli dan otentik adalah Kaihomaru. Terletak di Lantai 1 Citywalk Sudirman, restoran ini konsisten pada kekhasannya pada sushi tradisional Jepang tanpa fusion kekinian. 

Obanyaki

Kalau kamu kenal dengan dorayaki yang biasa dimakan Doraemon, kali ini kita berkenalan dengan saudaranya yaitu Obanyaki. Merupakan makanan tradisional Jepang yang manis, obanyaki memiliki adonan yang lebih tebal dari dorayaki dan akan sukses membuat kamu kenyang lebih lama.
source: https://i0.wp.com/forknplate.com/wp-content/uploads/2015/08/Obanyaki-Plated.png?resize=960%2C536&ssl=1Di Jakarta kamu bisa mencoba Obanyaki di Ohbanyaki Vinlin, Pasar Pagi Mangga Dua dengan kisaran harga 4.000 - 11.000.

baca juga

Kakigori

Merupakan makanan tradisional Jepang yang paling banyak dicari di musim panas, kakigori adalah es serut yang diletakkan di dalam mangkuk lalu disajikan bersama campuran sirup rasa buah, susu kental manis dengan topping berupa irisan buah segar. 
source: http://www.qraved.com/journal/wp-content/uploads/2014/04/SumoBoo-photo-by-Looks1.jpg
Salah satu kakigori terbaik yang bisa kamu coba di Jakarta adalah yang ada di restoran Sumoboo. Dibentuk seperti kepala beruang, kakigori di sini memiliki banyak varian rasa seperti matcha, strawberry, vanilla, ogura dan coklat. Kelezatannya juga ditambah dengan 1 sccop es kirm.