Kutil dapat berkembang di kulit kamu hingga setahun sebelum kutil muncul. Karena alasan ini, hampir tidak mungkin untuk menentukan bagaimana kamu terpapar atau dari mana kutil berasal. Kutil dapat menyebar melalui sentuhan, jadi kamu tidak boleh menyentuh kutil yang kamu lihat pada orang lain.

Kamu juga dapat menyebarkan kutil dari satu ke bagian tubuh yang lain. Kutil dapat terjadi di mana saja di tubuh. Karena ditransmisikan melalui kontak biasa, kemungkinan besar terjadi di tangan, jari, wajah, dan kaki. Lalu bagaimana menghilangkannya? Simak caranya di ulasan berikut:

Ciri - Ciri Kutil di Wajah

Kutil adalah tonjolan kecil yang terasa keras dan kasar saat disentuh. Mereka bervariasi dalam warna dan dapat terlihat keabu-abuan, coklat, hitam, atau merah muda. Kutil biasanya tidak sakit dan bukan sejenis kanker. Kulit wajah dengan torehan dan luka yang disebabkan oleh bercukur, lecet, atau luka jerawat mungkin lebih rentan terhadap virus yang menyebabkan kutil.

Ciri - Ciri Kutil di Wajah
source: http://www.manilafashionobserver.com

Terdapat dua jenis kutil yang dapat tumbuh di wajah:

  • Kutil Datar
Kutil datar sering terjadi di dahi dan pipi. Kutil yang sangat kecil ini seukuran biji poppy. Mereka dapat terjadi dalam kelompok besar, memberikan tampilan banyak titik kecil. Mereka berkisar dalam warna dari daging-kencang ke merah muda atau coklat kekuningan. Kutil datar lebih halus daripada jenis kutil lainnya dan memiliki sedikit peningkatan penampilan. Kutil datar kadang-kadang disebut sebagai kutil remaja karena anak-anak lebih cenderung mendapatkannya daripada orang dewasa.
  • Kutil Filiform
Kutil filiform terlihat berbeda dari semua jenis kutil lainnya. Mereka menonjol keluar dari kulit dengan penampilan runcing dan kasar. Mereka bisa berwarna kulit, merah muda, atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Kutil filiform sering ditemukan di sekitar mulut, hidung, atau mata. Jika mereka terjadi dalam lipatan mata atau jenis lipatan kulit lainnya, mereka dapat menyebabkan gatal atau ketidaknyamanan.
baca juga

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dan Leher

Jika kamu memilih membiarkan kutil sembuh dengan sendirinya, cobalah untuk tidak menyentuhnya. Ini dapat menyebarkan virus ke bagian lain dari tubuh atau orang lain. Tidak peduli bagaimana mereka dihilangkan, kutil dapat terjadi kembali setelah mereka pergi. Karena sifatnya yang sensitif, kutil di wajah harus selalu dilihat oleh dokter sebelum kamu mencoba mengeluarkannya di rumah. Doktermu dapat memberi bimbingan dan mungkin dapat memberikan resep perawatan yang dapat kamu lakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dan Leher
source: https://www.facingacne.com/wp-content/uploads/2010/12/salicylic-acid.jpg

Jangan pernah mengobati kutil di rumah yang dekat dengan mata atau di hidung. Beberapa perawatan, seperti asam salisilat, tidak boleh digunakan di wajah atau leher karena dapat membakar kulit, dan menjadikan kulit menjadi lebih sensitif. Setiap jenis obat di rumah harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Menghilangkan Kutil dengan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen dengan banyak manfaat kesehatan. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh saat dimakan mentah, dan dapat membuat kutil hilang ketika langsung diterapkan ke daerah yang terkena. Menerapkan krim topikal yang mengandung lidah buaya dapat digunakan sebagai pengganti jika kamu tidak memiliki akses ke lidah buaya hidup. Kutil biasanya tidak memerlukan perawatan berteknologi tinggi atau kompleks. Sebagian besar obat untuk kutil terselip di bagian belakang lemari dapur. Tetapi tentu mereka membutuhkan waktu dan kesabaran.

Menghilangkan Kutil dengan Lidah Buaya
source: https://food.ndtv.com

Dua kali sehari, lapisi kutil dengan gel lidah buaya, kamu dapat mengekstraknya dari tanaman atau membelinya dari toko. Tutup dengan perban dan tunggu sifat anti-inflamasi dari lidah buaya sebagai obat alami untuk kutil. Setelah dua minggu, kutil akan lebih kecil atau hilang sama sekali.

baca juga

Obat Penghilang Kutil

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang diyakini dapat menghilangkan berbagai penyakit kulit, termasuk jerawat, psoriasis, dermatitis, dan kutil. Asam salisilat ini sangat mudah digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Bentuknya macam-macam, ada yang cair, krim, atau salap penghilang kutil di wajah.

Asam yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan kutil dalam beberapa minggu jika dioleskan setiap hari dan dengan cara yang benar. Berikut adalah cara menghilangkan kutil dengan asam salisilat.Cuci dan keringkan kutil serta kulit di sekitarnya. Hal ini dilakukan agar asam salisilat lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit yang sakit.

  • Oleskan atau bubuhkan asam salisilat secara langsung pada kutil. Kamu dapat mengoleskannya langsung pada kutil atau melapisinya dengan perban. Namun, selalu perhatikan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker. Setiap produk mungkin jenis, dosis, dan cara pakainya berbeda-beda.
  • Biarkan asam salisilat menyerap dan bekerja pada kutil. Diamkan selama 24-48 jam, baik dengan atau tanpa perban. Ganti dengan yang baru kalau perban rusak atau lepas.
  • Lepas perban dan cuci sisa obat yang masih menempel. Kamu dapat merendam bagian yang terdapat kutil atau kompres dengan air hangat dulu selama kurang lebih 10 menit. Hal ini akan memudahkan penyerapan asam salilisat ke dalam kulit.
Obat Penghilang Kutil

Kamu dapat menggunakan asam salisilat dari The Ordinary : The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution, atau Paula’s Choice : CLEAR Extra Strength Anti-Redness Exfoliating Solution with 2% Salicylic Acid.